Superstar Barcelona, Lionel Messi, telah menyindir secara halus klub-klub seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain yang telah mengubah lanskap bursa transfer sepak bola.

Pemain asal Argentina itu menikmati seluruh kariernya bersama raksasa Catalan. Sementara sejumlah mantan rekan satu timnya hanya datang dan kemudian pergi dari Camp Nou lantaran dijual oleh klub.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pemain hengkang dari Barca lantaran kemauan diri mereka sendiri, salah satu contohnya Neymar. Bintang asal Brasil itu memutuskan pindah ke PSG melalui biaya transfer yang memecah rekor dunia sebesar 200 juta Pounds pada tahun 2017 lalu.

Lantas kini, Messi menyindir secara halus klub-klub seperti juara Prancis tersebut, dengan mengatakan bahwa sepak bola telah berubah, karena pemilik klub mereka adalah seorang multi-jutawan.

“Ada klub sekarang dengan banyak uang, dan pemain bergerak karena alasan itu,” kata Messi kepada Catalunya radio. “Di mana pun uang terbanyak, di situlah mereka akhirnya pergi. Segalanya telah berubah, dan sekarang pemilik klub adalah multi-jutawan.

“Sebelumnya, semua orang ingin bermain untuk Barca atau Madrid, yang terbaik, tapi sekarang semuanya lebih ketat dan tidak ada banyak perbedaan antara tim di Manchester, PSG, Madrid, kami, Bayern [Munich], tim Italia,” ujarnya.