Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, merasa prihatin dengan pengenalan video assistant referee (VAR) di kompetisi La Liga pada musim ini. Menurutnya, teknologi itu dapat mengganggu para penggemar menonton sepak bola.

VAR telah secara progresif digunakan dalam sebuah kompetisi yang semakin tinggi dalam beberapa musim terakhir, termasuk di Piala Dunia 2018 pada bulan Juni dan Juli, dengan hasil yang beragam.

Inovasi tersebut juga untuk pertama kalinnya diterapkan di kompetisi La Liga Spanyol di musim ini. Namun Valverde sendiri masih merasa khawatir dengan dampak jangka panjangnya.

“Perasaannya adalah video assistant referee di sini untuk membantu kami, terutama untuk keadilan di area penalti,” kata Valverde kepada situs web Barca. “Tapi kita tidak tahu apa pengaruh yang mungkin bisa terjadi nantinya.

“Saya tidak ingin VAR mengganggu alur permainan. Hal hebat tentang sepak bola adalah cepatnya, hanya ada sedikit gangguan. Wasit tentu membutuhkan bantuan, tetapi ini tidak boleh merugikan kecepatan permainan.

“Saya tahu semua orang bergantung pada apa yang terjadi di daerah tersebut, tetapi di final Piala Dunia, Prancis mencetak gol dari tendangan bebas dan yang memutuskan pertandingan. Jadi apa yang lebih penting? Saya tidak tahu, karena saya juga sedang menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi selanjutnya,” tandasnya.