Tim nasional Korea menyatakan sudah mengirim surat komplain pada FIFA pasca mengalami kekalahan dari Meksiko di matchday kedua Grup F Piala Dunia 2018 (23/6). Pasalnya mereka merasa telah dirugikan oleh kepemimpinan wasit Milorad Mazic.

Dalam surat tersebut, Korean Football Association (KFA) mempertanyakan keputusan Mazic untuk tidak menganulir gol kedua Meksiko yang dicetak Javier ‘Chicharito’ Hernandez pada menit ke-66. Padahal sebelumnya ada kontak keras yang dilakukan Hector Herrera pada kapten mereka, Ki Sung-Yeung.

Kebijakan wasit 45 tahun asal Serbia tersebut makin tidak bisa diterima oleh KFA mengingat Piala Dunia kali ini Video Assistant Referee (VAR) tersedia di tiap laganya. Meski demikian pihak KFA hanya menuntut adanya perbaikan dari kinerja korps baju hitam tanpa meminta pertandingan ulang atau semacamnya.

Tidak heran sebenarnya jika KFA sampai melakukan protes karena mereka dipastikan tidak bisa lagi memainkan Ki di sisa turnamen. Gelandang bertahan yang pada 2017/2018 lalu memperkuat Swansea City di Premier League tersebut mengalami cedera otot betis dan harus menjalani perawatan sampai dua pekan lamanya.

“Tes medis yang dilakukan di rumah sakit menunjukkan jika Ki mengalami cedera di betis kirinya. Sang pemain butuh beristitahat selama dua minggu untuk pulih,” tulis KFA seperti yang dilaporkan oleh Yonhap News.

“Tidak mungkin itu (pelanggaran Herrera pada Ki) tidak disebut sebagai pelanggaran. Kami hanya ingin menyampaikan rasa kecewa kami dan berharap insiden seperti ini tidak boleh lagi terulang kedepannya,”

Mengenai wasit tak menggunakan VAR saat dibutuhkan bukan kali ini saja mengundang protes. Sebelumnya Serbia dan juga Denmark sudah melancarkan ketidakpuasaan yang serupa. Mereka tidak puas jika VAR hanya digunakan untuk menentukan adanya penalti atau tidak.

Bagi Korea, insiden mereka mungkin berakibat fatal pasalnya kans untuk lolos ke fase 16 besar Taeguk Warriors terancam hilang. Ketiadaan Ki bisa menggerus kekuatan mereka di lini tengah. Padahal jika mereka bisa menggebuk Jerman pada Rabu (27/6/2018) mendatang dan di saat bersamaan Meksiko menang atas Swedia mereka bisa lolos. (Sumber: Sky Sports)