PSSI selaku induk organisasi sepak bola Indonesia akhirnya memutuskan untuk memilih Indra Sjafri sebagai pelatih timnas Indonesia U-19. Sementara itu, Plt. Ketua Umum PSSI, Joko Driyono tidak segan untuk menjelaskan alasan kembali ditunjuknya Indra Sjafri untuk melatih timnas Indonesia U-19.

“Pemilihan Indra Sjafri sudah menjadi keputusan yang tepat, karena pertimbangan dari segi adaptasi pemain. Sementara kalau kami memilih pelatih lain, harus beradaptasi lagi,” kata Joko.

“Sebelum menunjuk Indra Sjafri, kami sudah melakukan diskusi dan melewati berbagai pertimbangan. Dalam beberapa hari kami juga sudah menjalin komunikasi intens dengan Indra Sjafri, dan dia juga mengaku siap untuk kembali menangani timnas Indonesia U-19,” lanjutnya.

Kembalinya Indra Sjafri ke kursi pelatih timnas Indonesia U-19 disebut telah menyakiti dan memberi harapan palsu kepada empat tim lokal. Karena pelatih asal Minang itu juga menjabat sebagai direktur teknik Malang United, Persikabo Bogor, Persikota Tangerang, dan Persika Karawang.

Terkait hal itu, coach Indra pun buka suara dan mengungkapkan bahwa dia juga mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak untuk kembali ke timnas Indonesia U-19. “Saya sudah berbicara dengan ustad Yusuf Mansur. Beliau cukup support dengan penunjukan ini. Dia bilang gak usah memikirkan klub lagi,” pungkasnya.