Liverpool kalah telak saat berhadapan dengan Tottenham Hotspur di paruh pertama musim. Gantian jadi tuan rumah, The Reds diunggulkan karena didukung statistik cemerlang.

Sejak era Premier League, Liverpool sudah 23 kali menjamu Tottenham di Anfield. Dari jumlah itu tuan rumah tercatat cuma kalah satu kali.

Yang harus diwaspadai Liverpool adalah fakta bahwa memang kalah 1-4 saat melawat ke kandang Spurs. Tapi itu adalah momen kebangkitan mereka karena setelah kekalahan tersebut, Liverpool membuat rekor 18 laga tak terkalahkan di semua kompetisi.

Mereka baru kalah kembali kala menghadapi Swansea City kmudian pada Piala FA menghadapi Bournemouth. Tak hanya itu, rekor Liverpool menghadapi Spurs di kandang pun sangat memuaskan.

Tottenham Spurs sendiri tengah berada dalam momentum yang baik dengan tak terkalahkan pada sembilan laga terakhir di semua kompetisi. Semua pilar mereka sedang on-fire, mereka pun datang ke Anfield berbekal kemenangan 2-0 atas Manchester United di tengah pekan kemarin.

Berikut adalah data dan fakta pada laga ini dikutip dari OneFootball.com:

– Liverpool hanya kalah sekali dari 23 laga kandang Premier League melawan Spurs (15 menang 7 imbang).

– Spurs kalah pada 16 laga tandang melawan Liverpool, kedua terbanyak setelah melawan Manchester United di Old Trafford (21 kali kalah).

– Spurs tak pernah menang dua kali beruntun dalam satu musim melawan Liverpool sejak 2010-2011. Saat itu Harry Redknapp mengalahkan Liverpool yang dipimpin Roy Hodgson dan Kenny Dalglish.

– Liverpool tak terkalahkan pada 14 laga kandang terakhir (8 menang 6 imbang).

– Spurs berhasil meraih 7 poin dari potensi 9 poin pada tiga laga tandang terakhir di Premier League, setelah sebelumnya hanya mendapat 1 poin dari potensi 15 poin.

– Klopp membawa Liverpool tak terkalahkan pada 12 laga kandang melawan enam besar (6 menang 6 imbang), setelah terakhir kali kalah dari MU 0-1 pada Januari 2016.

– Klopp hanya kalah kalah sekali pada enam laga melawan Tottenham di semua kompetisi (2 menang 3 imbang 1 kalah). Kekalahan itu datang pada musim ini.

– Harry Kane berkontribusi pada enam gol dari enam pertemuan melawan Liverpool (4 gol 2 assist).

– Kane mencetak 18 gol dari 13 laga tandang terakhir Premier League. Mencetak setidaknya dua gol pada enam dari total delapan laga.

– Mohamed Salah sudah mencetak 19 gol dari 24 laga musim ini. Hanya butuh satu gol lagi untuk memecahkan rekor Fernando Torres dan Daniel Sturridge yang membuat 20 gol dalam 27 laga.