Aktivitas jual-beli pemain di Premier League pada musim dingin 2018 sudah berakhir. Cuma tiga klub yang tercatat mendapat laba dari proses itu. Siapa saja?

Bursa transfer musim dingin sepanjang Januari 2018 lalu sudah menghadirkan rekor baru dalam hal belanja klub-klub Premier League. Tak kurang dari 430 juta pound sterling dikucurkan klub-klub tersebut.

Dari pembelian tersebut, Liverpool menjadi klub yang paling banyak menggelontorkan uang untuk mendatangkan pemain baru. Total 75,2 juta pound sterling dikeluarkan Liverpool, dengan mayoritasnya untuk merekrut Virgil van Dijk (75 juta pound sterling).

Di sisi lain, Liverpool juga menjadi klub Premier League yang paling banyak mendapatkan uang dari hasil penjualan pemain di bulan Januari 2018. Itu tak lepas dari langkah melepas Philippe Coutinho ke Barcelona seharga 146,2 juta pound sterling.
Sehubungan dengan itu, Liverpool pun disebut Sky Sports menjadi satu dari tiga klub Premier League yang mendapatkan laba dari proses jual-beli pemain di bursa transfer musim dingin 2017/2018. The Reds disebut mampu mengantongi laba sebesar 71 juta pound sterling.

Jumlah ini adalah yang terbanyak dibandingkan dua klub lain, yakni Southampton dengan laba 55,9 juta pound sterling dan West Ham United yang meraih keuntungan 26 juta pound sterling dari jual-beli pemain.

Di sisi lain, Manchester City menjadi klub dengan defisit terbesar dari proses jual-beli sepanjang Januari. The Citizens tercatat punya minus 61 juta pound sterling karena pemain yang dibeli lebih mahal daripada yang dijual.