Legenda Chelsea John Terry mengungkapkan bahwa keinginannya untuk mengambil sertifikat kepelatihan sudah muncul saat Jose Mourinho menjadi manajer di Chelsea beberapa tahun silam.

Seperti diketahui Mourinho membesut Chelsea dalam dua periode berbeda dengan total waktu lima tahun. Periode pertama berlangsung pada 2004 hingga 2007, dan periode kedua pada musim 2013 hingga 2015.

Dalam dua periode itu, Mourinho sukses membawa Chelsea meraih tiga gelar juara Liga Premier Inggris, yaitu musim 2004-05, 2005-06, dan 2013-14.

John Terry sendiri pun mulai bersinar sejak Mourinho masuk dan terus menjadi pemain kunci Chelsea hingga tergusur dari tim inti pada musim lalu saat klub itu ditangani oleh Antonio Conte.

Setelah meninggalkan The Blues untuk bergabung dengan klub divisi Championship Aston Villa pada musim panas 2017 lalu, bek tengah berusia 38 tahun itu kini mengatakan bahwa dia akan memulai karir di bidang manajemen sebagai pelatih setelah pensiun dari bermain nanti.

Terry mengatakan ketertarikannya pada profesi pelatih itu terinspirasi dari pengalamannya dilatih oleh Mourinho selama lima tahun dalam dua periode berbeda di Chelsea. Terry bercerita bahwa dia selalu menyimak dan mencatat setiap arahan dan cara berlatih Mourinho di notepad-nya.

“Saya masih cukup muda saat Jose Mourinho pertama kali masuk ke Chelsea. Ketika itu saya baru berusia 23. Tapi setelah beberapa sesi latihan, saya pergi dan mengambil notepad, lalu mulai menuliskan semua materi yang diajarkannya dalam sesi latihan itu,” kata Terry kepada The Coaches ‘Voice.

“Hal-hal yang dia sampaikan dalam rapat tim, hal-hal yang dia katakan sebelum pertandingan, atau dalam jumpa pers, saya catat semua. Terkadang saya masuk setelah sesi latihan dan menuliskan semua hal yang baru saja kami lakukan.”

“Yang jelas, sejak saat Jose masuk (ke Chelsea), saya tahu saya ingin menjadi pelatih,” tambah mantan kapten timnas Inggris yang telah memenangi 15 trofi utama saat berada di Chelsea.