Kehadiran Philippe Coutinho di Barcelona telah membuat beberapa pemain merasa posisinya terancam. Salah satu di antaranya adalah Ivan Rakitic.

Rakitic diyakini mulai mengkhawatirkan masa depannya di Camp Nou menyusul kedatangan Coutinho yang diboyong Barcelona dari Liverpool dengan harga 16 juta Euro atau setara Rp2,58 triliun akhir pekan lalu.

Pemain internasional Kroasi ini merasa menit bermainnya di Barcelona mungkin akan lebih terbatas alias berkurang banyak lantaran Coutinho akan diberikan porsi bermain lebih besar oleh pelatih Ernesto Valverde.

Tak bisa dipungkiri kondisi itu akan membuat Rakitic merasa tak nyaman. Apalagi dia butuh waktu bermain banyak di paruh kedua musim ini demi mengamankan tempatnya di skuad Timnas Kroasia untuk Piala Dunia 2018.

Maka demi mengamakan tempat ke Piala Dunia itulah tidak tertutup kemunkinan bagi Rakitic untuk membuka peluang bergabung dengan klub lain pada Januari ini.

Menurut media Spanyol, Diario Gol, dua klub raksasa Liga Primer Inggris, Liverpool dan Arsenal, kini memantau dengan seksama perkembangan situasi Rakitic di Camp. Mereka siap mengajukan pinangan untuk si pemain di bulan Januari ini.

Rakitic yang bergabung dengan Barcelona dari Sevilla pada 2014 lalu itu sebelumnya sempat mengeritik harga transfer Philippe Coutinho yang dinilainya sedikit terlalu mahal, meski ia mengakui hal itu merupakan imbas dari permintaan pasar.

“Pendapat saya, harganya (Coutinho) sedikit tinggi. Tapi itulah kehendak pasar,” ujar Rakitir pada Marca.

Meski kehadiran Coutinho akan membuat menit bermainnya mungkin berkurang, namun Rakitic ikut senang dengan kedatangan pemain Brasil itu.

“Kami bahagia ketika pemain yang datang bergabung dengan kami, termasuk salah satu pemain terbaik,” tambah Rakitic. “Dia (Coutinho) tidak bisa bermain di Liga Champions, namun dia bisa membantu kami di Liga Spanyol dan semoga juga di Copa del Rey,” tambahnya.