PSSI menegaskan tidak pernah melarang pemain untuk berkarier di luar negeri. PSSI hanya tak ingin mereka susah dipanggil ketika dibutuhkan oleh tim nasional.

Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn telah memutuskan bergabung bersama Selangor FA. Keputusan itu sempat membuat khawatir Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi terkait persiapan timnas menuju Asian Games 2018.

“PSSI dalam hal ini tidak ada sama sekali memberikan larangan apalagi sampai menyebut mereka tidak punya jiwa nasionalisme. Hanya saja, kami kan sedang dalam persiapan menuju Asian Games,” ujar Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, Selasa (19/12/2017).

-“Ini adalah sebuah kompetisi yang sangat spesial karena status Indonesia sebagai tuan rumah. Artinya, di sini pun kami sedang berupaya menjawab tantangan publik,” dia menambahkan.

PSSI disebutnya hanya ingin mempersiapkan tim sebaik mungkin sehingga membutuhkan pemain-pemain tersebut. Oleh karena itu, PSSI ingin melakukan koordinasi agar tidak ada bentrok antara klub dan ketika ada pemanggilan timnas.

“Untuk menjawab tantangan publik, timnas butuh skuat yang kompetitif dan diisi dengan pemain-pemain andalannya. Untuk bermain di luar negeri silakan saja, hanya saja kami mohon untuk koordinasi dengan kami.”

“Salah satunya adalah untuk mengurus ITC (International Transfer Certificate). ITC ‘kan yang mengeluarkan PSSI, itu sudah prosedur. Lalu kami juga harus menyesuaikan agenda klub dengan jadwal TC timnas,” kata Tisha lagi.

“Jangan sampai ada cerita saat timnas memanggil, mereka tak mendapatkan izin dari klub. Jadi kami hanya minta itu, koordinasi agar kita bersama-sama bisa mengkondisikan segalanya,” katanya menambahkan.