Italia masih harus melalui dua laga krusial melawan Swedia untuk sampai ke putaran final Piala Dunia 2018. Gagal lolos bakal jadi tragedi…untuk publik Italia.

Italia akan menghadapi Swedia dalam laga play-off dua leg untuk memperebutkan tiket ke Rusia tahun depan. Eks penyerang Gli Azzurri Pierluigi Casiraghi menyebut jika tim arahan Giampiero Ventura gagal lolos, maka itu bakal serupa dengan tragedi di Piala Dunia 1966 silam.

Tapi pandangan berbeda diungkapkan eks pelatih timnas Prancis Raymond Domenech. Domenech menyebut Italia tak lolos hanya akan jadi tragedi untuk publik negeri tersebut, bukan untuk dunia.

Meski demikian, Domenech memperkirakan Italia untuk lolos mengingat mereka punya pengalaman dan kualitas lebih dibandingkan Swedia.

“Tak ada Italia di Piala Dunia adalah tragedi? Itu akan jadi tragedi untuk kalian (media Italia), tapi tidak untuk dunia. Dunia malah berisiko kehilangan Argentina sebelumnya,” kata Domenech kepada Gazzetta dello Sport.

“Akankah Italia lolos? Tentu saja, lihat saja ke edisi 2006, kalian punya semua masalah itu dan masih memenangi turnamennya.”

“Italia punya para pemain yang tahu bagaimana caranya mengatasi tekanan, Swedia jauh lebih sedikit. Mereka hampir lolos dari grup, tapi hidup memang rumit,” imbuhnya seperti dikutip Football Italia.

Italia diunggulkan secara catatan pertemuan setelah tak pernah kalah di lima duel terakhir kontra Swedia. Dalam periode itu, Italia bahkan menang empat kali meski dengan selisih tipis-tipis.