Real Madrid telah membuat awal yang tidak spektakuler dalam pertahankan gelar juara La Liga dan Liga Champions musim ini. Skuad Zinedine Zidane itu alami kekalahan 1-3 dari Tottenham Hotspur, Kamis (2/11), hanya beberapa hari setelah Girona mengejutkan mereka.

Kekalahan itupun membuat El Real terpaut delapan poin dari Barcelona di La Liga, sementara Spurs sekarang jadi favorit untuk memimpin Grup H Liga Champions, setelah mencuri empat poin dari juara bertahan tersebut.

Diungkapkan Cristiano Ronaldo, dirinya yakin perjuangan Madrid musim ini bisa ditelusuri kembali ke bisnis transfer mereka selama musim panas lalu. Saat itu, Madrid secara mengejutkan membiarkan para pemain, seperti halnya Alvaro Morata pergi dari Bernabeu.

“Para pemain yang datang punya potensi besar,” kata megabintang asal Portugal itu kepada wartawan, setelah ia mencetak gol penghibur bagi fans Madrid di Stadion Wembley.

“Tapi Pepe, Morata dan James Rodriguez membuat kami lebih kuat – sekarang tim lebih muda. Kami juga tanpa [Dani] Carvajal dan [Gareth] Bale,” tambahnya.

“Ini sebenarnya bukan skuad yang buruk, tapi kurang pengalaman dan itu sangat penting – meski bukan alasan. Saya senang dan tidak ingin matikan alarm,” tegas Ronaldo.

Sejauh ini, Morata sudah mencetak tujuh gol untuk Chelsea di semua kompetisi, sejak ia pindah ke London barat. Sementara Karim Benzema telah berjuang keras di depan gawang lawan, namun hanya berhasil sarangkan satu gol.

Sedangkan James pindah ke Bayern Munchen, meski dimainkan secara sporadis sejauh ini, dan bek tengah Pepe pindah ke klub raksasa Turki, Besiktas.