Berakhirnya kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA juga menuntaskan balapan Cristiano Ronaldo vs Robert Lewandowski. Ronaldo kalah tipis dari Lewandowski.

Dalam usaha meloloskan negaranya masing-masing ke Rusia tahun depan, Ronaldo dan Lewandowski juga terlibat persaingan tersendiri dalam urusan menjebol gawang lawan.

Lewandowski mencetak golnya yang ke-16 di fase kualifikasi kali ini ketika Polandia meraih kemenangan 4-2 atas Montenegro di Stadion Narodowy, Warsaw, tanggal 8 Oktober lalu.

Itu merupakan laga penutup buat Polandia di fase kualifikasi. Lewandowski cs melenggang ke babak utama Piala Dunia sebagai juara Grup E dengan keunggulan lima angka atas rival terdekatnya.

Setelah itu giliran Ronaldo beraksi dengan timnas Portugal saat menjamu Swiss di Estádio da Luz, Lisbon, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB. Selecao das Quinas menang 2-0, untuk memastikan tiket lolos langsung sebagai juara Grup B di atas Swiss.

Akan tetapi, Ronaldo tidak menyumbang gol di laga tersebut. Maka jadilah ia “cuma” mencetak 15 gol sepanjang kualifikasi ini, kalah tipis satu gol dari Lewandowski yang menjadi pemain tersubur fase tersebut.

Kendatipun tidak mencetak gol di laga terakhir kualifikasi, peran serta Ronaldo di Portugal tetaplah sangat besar. Simak saja pernyataan rekannya di timnas, Raphael Guerreiro.

“Anda melihat apa kontribusinya di lapangan, ia terus berlari demi tim. Tentu saja ia adalah seseorang yang kami andalkan,” katanya seperti dilansir ESPNFC.

“Saya pikir ia sedang menjalani periode terbaik dalam kariernya. Ia benar-benar ada di puncak permainan selama dua tahun dan terus seperti itu, tapi ini wajar karena ia terus mengasah apa yang perlu dilakukannya di lapangan.”

“Saya sama sekali tidak terkejut dengan apa yang mampu terus ia lakukan pada saat ini,” tuturnya.

Setelah fase kualifikasi berakhir, Ronaldo dan Lewandowski akan bisa kembali balapan bikin gol saat babak utama Piala Dunia bergulir musim panas tahun depan.