Kapten timnas Prancis, Hugo Lloris, memberikan pembelaan kepada Kylian Mbappe yang mendapatkan kritikan atas performa buruknya melawan Bulgaria kemarin.

Prancis susah payah meraih kemenangan ketika bertandang ke markas Bulgaria, Sabtu (7/10). Gol dari Blaise Matuidi menjadi satu-satunya gol di pertandingan tersebut dan membuat Prancis terus memimpin klasemen sementara grup A kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Di pertandingan itu sendiri, Mbappe memperlihatkan penampilan terbaiknya dan digantikan oleh Oliver Giroud jelang akhir pertandingan. Hugo Lloris memberikan pembelaan kepada rekannya tersebut.

Lloris menilai seluruh tim bertanggung jawab atas performa Prancis yang kurang bagus kemarin, bukan hanya Mbappe. Ia juga menilai bintang muda PSG itu masih bisa meningkatkan level permainannya lagi dan menjadi andalan Prancis di masa depan.

“(Kylian) Mbappe perlu terus bertahan bersama skuad Prancis,” ujar kapten timnas Prancis itu pada wartawan. “Sulit untuk menilai performa seorang pemain di pertandingan melawan Bulgaria.

“Itu lebih merupakan sebuah pertarungan. Sulit untuk berbicara tentang kinerja satu pemain saja. Seluruh tim kesulitan di pertandingan tersebut, kami berada dalam perarungan dan memenangkan pertandingan tersebut dengan cara yang sulit.”

“Kylian seharunya tidak bertanggung jawab sepenuhnya atas performa tim. Dia adalah seorang pemain muda, meski dia adalah pemain yang sangat berbakat. Dia masih membutuhkan waktu untuk membuat langkah selanjutnya. Dia bisa mengandalkan bakat yang dimilikinya karena dia bisa membuat perbedaan dalam momen yang besar.”

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, mengingatkan para pemainnya betapa penting arti sebuah Piala Dunia.

“para pemain bisa bermain di level tertinggi di klub terbesar, namun tidak ada yang lebih indah dari bermain di Piala Dunia,” ujar Deschamps.

“Ini adalah ajang global untuk para pemain profesional. Piala Dunia adalah sebuah keharusan. Terkadang anda menyaksikan hal tersebut di depan tv. Saya sendiri menyaksikan dua edisi Piala Dunia dari tv. Dan saya juga pernah bermain di Piala Dunia namun kami tidak perlu memastikan lolos karena kami bermain di kandang sendiri.”