PSS Sleman telah memastikan langkah ke babak 16 besar Liga 2 2017. Dari Grup 3, praktis tinggal menyisakan satu tiket yang akan diperebutkan PSGC Ciamis dan PSCS Cilacap yang punya peluang lebih besar dibanding kontestan lainnya.

Dari kalkulasi matematis, kans PSGC lebih besar ketimbang PSCS. Saat ini Laskar Galuh mengoleksi 20 poin atau selisih dua angka dari PSCS. Dua tim itu sama-sama menyisakan dua laga kandang. Jika salah satu tim terpeleset, tim lain yang akan merebut jatah ke 16 besar.

PSS bisa jadi penentu langkah PSGC dan PSCS karena keduanya akan menjamu tim Elang Jawa pada jadwal yang berbeda. Persip Pekalongan dan Persijap Jepara juga bisa ikut berperan. Bila mereka tampil apik saat menghadapi PSCS dan PSGC tengah pekan ini.

“Kami harus memenangi dua laga kandang terakhir saat menjamu Persip dan PSS. Kami juga berharap Persijap atau PSS bisa menjegal PSGC di Ciamis. Jadi, nasib kami masih tergantung laga PSGC,” tutur Bambang Tujiatno, Manajer Tim PSCS.

“Posisi kami lebih menguntungkan karena kami punya poin lebih bagus daripada PSCS. Tapi itu bukan jaminan, karena kami harus tetap berjuang dengan keringat sendiri. Kami juga wajib mengalahkan PSS dan Persijap agar tak mengandalkan hasil akhir PSCS,” timpal Lukas Tumbuan, pelatih PSGC.

Yang menarik, bila salah satu hasil pertandingan yang dijalani PSGC berakhir imbang dan PSCS meraup poin absolut. Perolehan poin mereka akan sama 24.

Namun, bila skenario ini yang terjadi, PSCS yang mendampingi PSS karena secara head to head Laskar Nusakambangan mengungguli PSGC.  Pada putaran pertama PSCS mengalahkan PSGC 1-0 di Cilacap sementara PSGC menang 2-1 atas PSCS di Ciamis.

“Penentuan tiket terakhir akan sangat menarik. Saya kira bukan PSCS saja yang tegang. Saya yakin kubu PSGC juga mengalaminya,” ujar Bambang Tujiatno.

Dua laga terakhir PSGC dan PSCS:
PSGC v PSS (25/8/2017)
PSGC v Persijap (9/9/2017)

PSCS v Persip (24/8/2017)
PSCS v PSS (9/9/2017)