Timnas Indonesia hanya bermain imbang tanpa gol lawan Vietnam di Stadion Selayang, Selasa (22/8) malam. Hasil itu tentu tidak ideal jika melihat peluang Indonesia untuk lolos ke semifinal.

Meski demikian, hasil tersebut masih bisa memperpanjang ‘napas’ Indonesia di Grup B. Indonesia masih berpeluang lolos ke semifinal.

Tentu ada syaratnya. Laga terakhir lawan Kamboja, Kamis (24/8), bakal jadi pertaruhannya.

Skuat Garuda Muda harus menang minimal selisih tiga gol, apapun hasil antara Vietnam melawan Thailand.

Asumsinya jika Vietnam melawan Thailand imbang, Indonesia masih bisa menyamakan poin Vietnam dan Thailand, yakni 11 poin. Skuat Garuda Muda pun masih bisa berpeluang mengangkangi Thailand di posisi runner-up berdasarkan catatan perbedaan selisih gol.

Catatannya begini, poin Thailand dan Vietnam jadi sama-sama 11 jika keduanya bermain imbang. Jika melihat syarat utama dari selisih gol, posisi yang lebih gampang dikejar adalah Thailand.

Thailand lebih unggul selisih dua gol atas Indonesia sejauh ini di posisi kedua. Sementara Vietnam di peringkat pertama beda tujuh gol dari Indonesia.

Jika Indonesia bisa menang lebih dari dua gol lawan Kamboja, tim besutan Luis Milla bisa menyalip Thailand. Sekali lagi, dengan catatan Vietnam dan Thailand bermain imbang pada laga terakhir mereka.

Jika Vietnam atau Thailand yang kalah, peluang Indonesia bahkan lebih besar. Syaratnya cukup meraih kemenangan bagi Indonesia atas Kamboja, berapa pun golnya.