Jurgen Klopp, manajer Liverpool, kini kembali berpeluang besar cetak bintang baru lagi. Tangan dingin Klopp memang sudah terbukti.

Jurgen Klopp, pelatih nyentrik Liverpool, kini berpeluang besar untuk cetak bintang baru lagi. Bukan rahasia jika Klopp memang bisa membentuk seorang pemain muda berbakat jadi pemain bintang, alih-alih fokus beli yang sudah jadi bintang.

Terkini, Jurgen Klopp mendatangkan Dominic Solanke sebagai rekrutan pertamanya pada musim panas ini. Jika melihat usianya yang masih 19 tahun, Solanke bisa memikul beban berat untuk menempati lini depan The Reds.

Tetapi, semua mata mulai penasaran dengan apa yang akan terjadi pada Solanke bersama Liverpool berikutnya. Sejak berkarier di Borussia Dortmund, Klopp sudah terkenal punya kehebatan ketika mendatangkan pemain berusia 21 tahun ke bawah dan menyulap mereka jadi pemain hebat.

Robert Lewandowski adalah contoh paling diakui semua pihak. Saat didatangkan dari Lech Poznan pada 2010, Lewandowski masih berusia 21 tahun dan berbakat bagus. Klopp lantas merubah Lewandowski menjadi striker berbahaya di Bundesliga. Kualitas Lewy lantas menjadi buruan Real Madrid dalam beberapa musim panas terakhir ini.

Selanjutnya ada nama Mats Hummels. Ia awalnya didatangkan dari Bayern Munchen pada 2009 saat masih berusia 20 tahun atau lebih muda dari Lewandowski. Klopp pada dua musim lalu sukses memoles sang pemain jadi luar biasa.

Selanjutnya ada Neven Subotic dan Kevin Prince Boateng. Keduanya didatangkan pada 2008, Subotic berusia 19 tahun saat Boateng masih berusia 20 tahun meski nasib memisahkan keduanya. Subotic sukses menjadi tandem Mats Hummels di Dortmund, saat Boateng sukses bersama AC Milan dan FC Schalke 04.

Masih ada nama Sven Bender (20) serta Kevin Grosskreutz (20) yang jadi pemain serbabisa bersama Klopp. Selain menjadi bek tengah, Bender bisa menjadi gelandang. Grosskreutz juga jago menjadi fullback serta pemain sayap. Keduanya sama-sama direkrut pada 2009.

Jangan lupakan nama Shinji Kagawa dan Ilkay Gundogan. Kedua pemain itu kunci kesuksesan Dortmund meraih gelar ganda musim 2011/12 bersama Jurgen Klopp.

Kini selain Solanke, Klopp juga pernah melakukan perekrutan pemain muda di Liverpool. Marko grujic sudah dibeli Klopp dari Red Star Belgrade pada musim dingin 2015/16. Pada musim lalu Grujic main dalam delapan pertandingan.

Meski masih sedikit bermain, namaun masa depannya diprediksi bagus untuk lini belakang Liverpool. Lantas, apakah Dominic Solanke akan menjadi Robert Lewandowski selanjutnya?