Timnas Belanda akhirnya mengumumkan pelatih pengganti Danny Blind. Dia adalah Dick Advocaat yang akan dibantu Ruud Gullit sebagai asistennya.

Bagi Advocaat, ini adalah yang ketiga kalinya membesut ‘Oranje’ setelah sebelumnya pada 1992-1994 dan 2002-2004. Dia juga menjadi pelatih tertua [70 tahun], yang pernah menangani Belanda.

Advocaat meninggalkan Fenerbahce untuk menerima tawaran mengisi posisi yang ditinggalkan Blind. Ayah dari pemain Manchester United, Daley Blind, itu diberhentikan setelah Belanda gagal lolos ke Piala Eropa 2016 dan memperoleh hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Saat ini Belanda duduk di peringkat keempat Grup A dengan tujuh poin hasil lima laga, terpaut enam poin dari pemimpin grup Prancis dan tiga poin dari Swedia di posisi kedua.

“Ada dua skenario. Kami memilih jangka waktu yang lebih lama atau kami melakukan segalanya yang mungkin untuk lolos ke Piala Dunia 2018,” kata direktur teknik KNVB [Federasi Sepakbola Belanda] Hans van Breukelen.

“Kami memilih opsi kedua. [Pelatih] harus seorang profesional yang berpengalaman, lebih disukai yang memiliki wibawa,” lanjutnya di The Guardian.

Advocaat pernah memimpin Belanda hingga perempatfinal Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, di mana mereka kalah melawan Brasil. Kemudian di Piala Eropa 2004, Belanda mencapai semifinal sebelum disingkirkan tuan rumah Portugal.

Riwayat karier Advocaat di antaranya pernah melatih tim-tim seperti Rangers, Sunderland, dan PSV Eindhovan. Dia juga pernah menjadi pelatih timnas Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Belgia, Rusia, dan Serbia.