Ketika sedang berlari kencang untuk memburu Chelsea, Tottenham Hotspur justru tersandung di kandang West Ham United. Sekarang aroma kegagalan musim lalu mulai menghantui mereka.

Kekalahan 0-1 dari West Ham di pekan ke-35, Sabtu (6/5/2017) dinihari WIB, membuat harapan menyalip Chelsea di puncak klasemen semakin menipis. Spurs saat ini berpotensi tertinggal tujuh angka jika The Blues bisa meraih kemenangan atas Middlesbrough pada Selasa (9/5/2017) dinihari WIB.

Jika hal tersebut terjadi, Chelsea bisa keluar sebagai juara andai meraih kemenangan di pekan ke-36. Sedangkan di pekan tersebut, Spurs harus menghadapi Manchester United, klub yang sedang sulit dikalahkan.

Kondisi ini lantas seperti dejavu untuk Spurs. Pada perburuan gelar liga musim lalu, mereka juga tersandung di pekan ke-35 setelah ditahan imbang 1-1 oleh West Bromwich Albion. Hasil itu membuat mereka terpaut tujuh angka dari Leicester City di puncak klasemen.

Sial bagi Spurs, di pekan ke-36 mereka menghadapi Chelsea di Stamford Bridge, yang ketika itu sedang bangkit dari keterpurukan. Hasilnya, tim besutan Mauricio Pochettino itu ditahan imbang 2-2 meski sempat unggul dua gol. Gelar juara pun jatuh ke tangan Leicester yang satu hari sebelumnya bermain imbang 1-1 dengan MU.

Di luar hitung-hitungan itu, ada hal menarik lainnya yang menghantui Spurs. Dalam perburuan gelar musim ini, ada klub-klub yang sama ikut terlibat di saat-saat krusial.

Pertama, ada West Bromwich Albion yang akan menjamu Chelsea di pekan ke-36. Padahal, klub tersebut merupakan batu sandungan Spurs di pekan ke-35 musim lalu.

Kedua, ada MU yang akan menjadi lawan The Lilywhites di pekan ke-36. Di musim lalu, The Red Devils merupakan lawan Leicester di pekan yang sama.

Nah, bagaimana akhir dari perjalanan musim 2016/2017 bagi Spurs? Apakah akan menyerupai musim lalu? Marik kita tunggu setelah hasil Chelsea di pekan ke-35 ini.