Celta Vigo dan Manchester United sama-sama berada dalam performa yang kurang bagus jelang  laga leg pertama babak semifinal Liga Europa Kamis (4/5).

Celta Vigo yang menembus semifinal usai menyingkirkan klub asal Belgia, Genk, tak pernah menang dalam empat laga terakhir. Bahkan dalam tiga laga terakhir tim yang diasuh juru taktik asal Argentina, Eduardo Berizzo itu selalu kalah.

Terakhir tim yang bertumpu pada mantan gelandang serang Liverpool, Iago Aspas tersebut kalah 0-3 dari Athletic Bilbao di hadapan pendukung sendiri. Itu adalah kekalahan kedua di kandang. Sebelumnya, Celta menyerah 0-1 dari Real Betis di stadion yang sama.

Hal itu yang membuat Celta sulit diunggulkan kala menghadapi MU di Estadio de Balaidos pada malam ini. Satu-satunya yang menjadi perhitungan adalah motivasi berbeda Celta saat bertanding di La Liga Spanyol dan di Liga Europa.

Sudah 12 pertandingan dilalui Celta di kandang dalam pentas Liga Europa musim ini dari mulai fase grup hingga gugur. Dari semua laga tersebut, Celta menang enam kali, imbang empat kali, dan kalah dua kali.

Pada fase gugur, Celta berhasil menang di Vigo dalam dua laga kandang terakhir. Kemenangan itu didapatkan atas Krasnodar (babak 16 besar) dan Genk (perempat final). Namun, di atas kertas kedua tim tersebut berada di bawah kekuatan MU.