Setelah menang atas Manchester City, kini Chelsea hanya butuh 18 poin untuk mengunci gelar juara Liga Inggris musim ini. Poin yang dibutuhkan Chelsea bakal makin berkurang bila Spurs tergelincir di sisa musim.

Chelsea saat ini mengoleksi 72 poin dari 30 laga yang telah dimainkan dengan catatan 23 kali menang, tiga kali seri, dan menuai empat kekalahan.

The Blues unggul tujuh angka dari pesaing terdekat mereka, Tottenham Hotspur yang mengumpulkan 65 angka.

Dengan sisa delapan laga lagi, maka poin maksimal yang bisa diraih oleh Spurs adalah 89 angka. Itu berarti Chelsea hanya butuh 18 angka lagi untuk bisa mengunci gelar Liga Inggris musim ini.

Delapan laga tersisa yang bakal dimainkan Chelsea adalah menghadapi AFC Bournemouth (tandang), Manchester United (tandang), Southampton (kandang), Everton (tandang) yang berlangsung di bulan April.

Lalu di bulan Mei, Chelsea dijadwalkan menghadapi Middlesbrough (kandang), West Bromwich Albion (tandang), dan Sunderland (kandang). Chelsea juga masih memiliki satu laga tunda menghadapi Watford yang belum ditentukan waktunya.

Menilik jadwal yang ada, peluang Chelsea untuk kehilangan banyak poin akan ada di bulan April ini mengingat mereka bakal menghadapi tiga laga tandang, termasuk ke Old Trafford dan Goodison Park, plus menjamu Southampton yang juga merupakan tim kuda hitam.

Bila Chelsea sukses menjaga selisih poin hingga bulan Mei, maka peluang Spurs untuk bisa mengejar Chelsea terbilang makin kecil lantaran lawan-lawan yang dihadapi Chelsea di bulan terakhir adalah tim papan bawah. Meskipun di sisi lain bisa saja tim-tim papan bawah tersebut tampil menggila demi keluar dari zona degradasi.

Selain berharap Chelsea tergelincir, Spurs sendiri mutlak memaksimalkan seluruh laga yang mereka punyai. Padahal dari deret delapan laga yang bakal mereka mainkan, Dele Alli dan kawan-kawan juga punya potensi untuk kehilangan angka.

Spurs bakal menghadapi Watford, AFC Bournemouth, Leicester City, Crystal Palace, Arsenal, West Ham United, Manchester United, dan Hull City. Arsenal dan Manchester United jelas jadi hambatan terbesar bagi Spurs di sisa musim. Bila Spurs sering kehilangan poin di sisa musim, maka hal itu akan membuat Chelsea makin dekat dengan gelar juara.