Luis Milla Aspas dibebani harapan tinggi usai ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Pria asal Spanyol itu sudah mempersiapkan langkah-langkah untuk itu.

Peresmian Luis Milla menjadi pelatih timnas itu diumumkan di kantor PSSI, Gedung Grand Rubina, Jakarta Selatan. Luis Milla menandatangani kontrak selama dua tahun, Jumat (20/1/2017).

Luis Milla langsung dihadapkan pada dua event. SEA Games Kuala Lumpur pada bulan Agustus mendatang. Satu lagi Asian Games 2018, yang mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Target tinggi dipatok PSSI untuk timnas yang akan berlaga di dua ajang itu. Yang terdekat, jelas emas saat berlaga di Malaysia.

Oleh karena itu, Luis Mila akan memburu pemain-pemain potensial di tanah air. Dia akan berkonsultasi dengan direktur teknik timnas, Danurwindo, untuk menjaring bakat-bakat terbaik.

“Saya baru datang dua hari lalu, jadi terlalu dini untuk bicara (target) itu. Tapi target saya semaksimal mungkin dan setinggi mungkin. Saya akan berusaha mendapatkan pemain-pemain berpotensi,” ujar Milla kepada pewarta.

“Saya akan berkomunikasi dengan federasi terlebih dulu, dengan para pengurus PSSI dan terutama dengan direktur teknik.”

“Saya akan menggunakan seluruh sumber daya yang dimiliki dan memaksimalkan potensi yang dimiliki pemain-pemain Indonesia. Dengan proses yang sudah dicanangkan, saya yakin bisa meraih hasil yang terbaik bersama timnas Indonesia.”

“Targetnya saya bisa mencapai yang terbaik yang saya bisa. Target ini proses yang jelas dan identifikasinya jelas untuk dicapai. Untuk itu target yang dibebankan ini saya akan mengeluarkan potensi maksimal dari pemain agar pemain timnas bisa semakin kompetitif,” imbuh pelatih asal Spanyol itu.