Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengakui Chelsea jadi tim favorit memenangkan Liga Primer Inggris musim ini lantaran memiliki jadwal pertandingan yang lebih ringan dibandingkan tim lainnya.

Chelsea saat ini mengoleksi 46 poin, unggul tujuh angka dari Manchester City yang sementara ada di peringkat kedua lantaran Liverpool belum memainkan pekan ke-18 mereka.

Bagi Guardiola, sukses Chelsea tak lepas dari fakta bahwa ‘The Blues’ menjalani jadwal yang lebih ringan dibandingkan Manchester City. Berbeda dengan Kevin de Bruyne dan kawan-kawan yang bermain di Liga Champions, Chelsea tak ikut kompetisi Eropa musim ini.

“Kami memainkan tujuh laga lebih banyak dibandingkan Chelsea sejauh ini, dan itulah yang membuat persaingan ini jadi sulit buat kami.”

“Liverpool sempat hampir jadi juara karena mereka hanya memiliki satu laga tiap minggu, dan pada musim lalu, Leicester yang mengalami hal tersebut. Saat ini, Chelsea dan Liverpool adalah tim yang lebih difavoritkan,” tutur Guardiola seperti dikutip dari BBC Sport.

Guardiola sendiri tak mempermasalahkan waktu bertanding Manchester City yang terkadang lebih lambat dari Chelsea sebagai sebab terciptanya selisih tujuh poin di antara kedua tim tersebut.

“Terkadang kami bermain sebelum Chelsea dan terkadang bermain setelah Chelsea. Hal itu tak berpengaruh banyak di hadapan tim yang sukses mencatat 12 kemenangan beruntun,” kata Guardiola.

Dengan selisih tujuh poin, Guardiola hanya bisa berharap Manchester City mampu tampil optimal di tiap laga yang dimainkan setelah ini.

“Setiap laga harus seperti final bagi kami bila kami ingin terus bersaing hingga akhir musim.”

“Sepak bola selalu tak bisa diprediksi karena itu kami harus terus mengerahkan segalanya. Apa yang harus kami lakukan adalah memenangkan setiap pertandingan dan melihat apakah hal itu bakal membantu kami (di klasemen),” kata Guardiola.