Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia di AFF Suzuki Cup 2016. Ia yakin rakyat Indonesia pun bangga dengan ‘Skuat Garuda’.

Hal itu dikatakan Jokowi ketika menjamu para pemain dan ofisial timnas Indonesia, setelah menjadi runner-up dalam turnamen sepakbola antarnegara se-Asia Tenggara itu. Di hadapan para pemain, Jokowi menyampaikan rasa terima kasih dan bangganya terhadap timnas.

“Kepada seluruh pemain, pelatih nasional sepakbola Indonesia, PSSI, Timnas Garuda, walaupun kita tidak berhasil membawa Piala AFF 2016 tapi semangat juang, kerja keras mati-matian yang ditunjukkan seluruh pemain, kita semua merasa bangga,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2016).

Jokowi mengatakan, seluruh rakyat Indonesia yang menonton timnas Indonesia pada laga final leg kedua di markas Thailand, Sabtu (17/12) lalu, betul-betul penuh harap dan mendukung sepenuh hati ‘Skuat Garuda’.

“Ada yang deg-degan, yang berdoa, ada yang enggak berani lihat TV. Tapi saya yakin, rakyat bangga atas semangat juang Timnas Garuda yang berhasil masuk ke final, dan saya kira banyak mengejutkan kita semuanya karena memang waktu persiapan sangat pendek setelah kita terkena sanksi FIFA,” jelas Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta kepada para pemain Timnas Indonesia untuk tetap semangat, meski belum berhasil membawa piala untuk Indonesia.

“Saya berharap saudara-saudara semuanya tidak patah arang. Saya kira kita semua bisa mengambil hikmah, mengambil pelajaran dari kekalahan ini dan mempersiapkan untuk kompetisi, untuk pertandingan-pertandingan yang akan datang. Karena yang penting memang bukan masalah kalah atau menang, tapi pelajaran di balik itu. Dan kita menggunakan momentum ini untuk mempersiapkan lebih baik lagi,” ujar Jokowi.