Siapa sangka kalau kacamata yang dipakai Cristiano Ronaldo di acara peresmian kontrak barunya dengan Real Madrid berpotensi memunculkan masalah.

Ronaldo baru saja memperbarui kontraknya dengan Madrid sampai 2021. Dalam kesepakatan barunya itu, bintang sepakbola Portugal ini diyakini akan menerima gaji bayaran 385 ribu pound (sekitar Rp 5,9 miliar) per pekan.

Dalam acara Presentasi Kontrak Baru Christiano Ronaldo yang akan mau ditandatangani pada Kamis (7/11/2016), sang megabintang tampil sedikit berbeda. Memakai stelan jas berwarna hitam, Ronaldo memakai kacamata dengan bingkai warna hitam.

Usut punya usut, ada alasan komersial di balik pemakaian kacamata itu. Kacamata tersebut diketahui bermerek Nike dan sebagai klien dari Nike, Ronaldo mempromosikan produk perusahaannya.

Yang jadi masalah adalah Madrid merupakan klien dari Adidas. Sedangkan para pemain Madrid telah dilarang untuk memakai produk dari brand kompetitor di acara-acara resmi klub. Alhasil, Ronaldo berpotensi didenda. Demikian diwartakan Sport.

Tidak hanya Ronaldo, blunder serupa pernah lebih dulu dilakukan oleh Mario Goetze saat diperkenalkan sebagai pemain baru Bayern Munich, tiga tahun lalu. Dalam acara konferensi pers, pemain Jerman itu dengan jelas memakai kaus dengan gambar logo Nike yang besar, padahal Bayern sendiri disponsori Adidas.

Alhasil, Goetze dijatuhi denda oleh Bayern yang tidak disebutkan besarannya. Sanksi yang sama juga pernah diterima Jan Kirchoff karena pelanggaran serupa dengan Goetze, sedangkan Mario Gomez melanggar aturan klub terkait sponsor setelah memakai topi Nike saat tiba di lokasi latihan.