PSSI menjamin bahwa status Persebaya Surabaya segera dipulihkan di kongres pada 10 November. Hal ini sekaligus menjawab kekhawatiran dari suporter Bonek yang datang ke Jakarta.

Ratusan Bonek telah tiba di Jakarta menggunakan kereta sejak tadi pagi, Rabu (9/11). Kedatangan mereka karena ingin mengawal Kongres PSSI tersebut, yang salah satunya berjanji mengembalikan hak Persebaya bersama enam klub lainnya yang sebelumnya dihukum PSSI.

“Persebaya ini akan dipulihkan, sudah diputuskan dalam rapat Exco. Waktu itu kami lakukan. Mereka akan masuk dalam ranah Divisi Utama. Rapat Exco di Solo disepakati mereka akan berkompetisi di Divisi Utama,” ujar Anggota Exco, Tony Aprilani, Rabu (9/11).

Menurut pria asal Bandung itu, masalah Persebaya akan masuk dalam agenda nomor delapan di kongres besok. Tony menyebut sudah melakukan pembicaraan pula dengan FIFA dan AFC.

“Jadi besok akan disahkan di forum kongres,” katanya.

Tony menambahkan bahwa Persebaya akan hadir dikongres tapi bukan sebagai voter melainkan peninjau. Sebab, voter sesuai dengan Kongres di Surabaya.

“Kami sudah mengundang dan dapat konfirmasi Persebaya sudah terima surat dan akan hadir. Di situ sebagai observer, statusnya waktu itu disanksi oleh kepengurusan lalu, bermain di IPL saat itu. Sehingga slot terdegradasi,” lanjut dia.