Tujuh klub yang berstatus terhukum memastikan sudah menerima undangan kongres PSSI pada 10 November. Mereka berharap janji Komite Eksekutif PSSI ditepati.

Ketujuh klub tersebut tergabung dalam AKSI, yang terdiri dari Arema Indonesia, Persebaya Surabaya, Persewangi Banyuwangi, Persebo Bojonegoro, Persema Malang, Lampung FC, dan Persipasi Kota Bekasi. Mereka memang berstatus terhukum karena sempat mengikuti kompetisi yang dianggap ilegal oleh PSSI.

Namun pada prosesnya, setelah klub-klub itu berjuang masing-masing, PSSI mau menerima kembali. Federasi sepakbola Indonesia tersebut berjanji memulihkan status mereka.

“Ya, kami sudah mendapatkan undangan kongres dan sekarang kami sudah berada di Jakarta,” ujar koordinator AKSI, Haris Fambudy saat ditemui di Jakarta, Selasa (8/11).

“Besok rencananya kami akan ke Kemenpora untuk bertemu Bapak Gatot (S Dewa Broto, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora) mau melaporkan perkembangan ini,” lanjut dia.

Haris pun berharap PSSI bisa menjalankan komitmen tersebut. Dengan begitu, tujuh klub bisa memiliki kesempatan mengikuti kompetisi musim depan.

“Kami berterima kasih kepada Exco PSSI karena mereka sudah menepati janji. Kami juga berterima kasih kepada La Nyalla (mantan Ketum PSSI hasil kongres Surabaya 2015) yang sudah berkomitmen untuk mengembalikkan status kami,” sambungnya lagi.

Namun meski diundang, tujuh klub ini tidak memiliki hak suara. Mereka hadir hanya sebagai peninjau.