Thailand telah merilis 23 nama pemain yang akan tampil pada Piala AFF 2016. Sebagian merupakan wajah-wajah lama yang memiliki segudang pengalaman. Seperti apa peta kekuatan Gajah Putih tahun ini?

Thailand menjadikan Piala AFF 2016 sebagai obat penawar kegagalan di babak penyisihan Piala Dunia 2018. Karena itu, Pelatih Kiatisuk Senamuang enggan berkeksperimen. Mantan pemain timnas Thailand itu memilih menurunkan pemain-pemain terbaik demi menghadapi turnamen antarnegara ASEAN tersebut.

Beberapa pemain senior masuk dalam daftar. Selain Sinthaweechai Hathairattanakool, ada juga nama Chanathip Songkrasin, hingga striker haus gol Teerasil Dangda. Nama terakhir pernah jadi bagian skuat klub La Liga, Almeria pada 2014-15. Dia jadi pesepakbola Asia Tenggara kedua yang pernah merumput di Spanyol setelah eks Barcelona asal Filipina, Paulino Alcantara atau yang pertama bagi Thailand.

Pemain berusia 28 tahun itu juga pernah jadi mimpi buruk bagi Indonesia. Gol yang dicetaknya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 16 Desember 2008 memupus ambisi Garuda menjadi juara AFF.

Selain Teerasil, ada satu nama lagi yang pantas diwaspadai, yakni Chanathip Songkrasin. Meski masih berusia 23 tahun, gelandang serang ini sudah mengoleksi empat gol bersama The War Elephants.

Dua dari empat gol itu bahkan pernah bersarang ke gawang Indonesia. Pertama saat ajang Asian Games 2014 di Korea Selatan. Kala itu, dia jadi menyumbang satu gol dalam kemenangan 3-0 Thailand tersebut.

Kemudian yang kedua, dicetaknya SEA Games 2015 lalu saat Thailand menang telak 5-0 atas Indonesia.

Thailand dan Indonesia bakal bergabung di Grup A bersama tuan rumah Filipina dan Singapura. Timnas Indonesia sendiri dijadwalkan bakal bertemu Thailand di Stadion Olahraga, Filipina, 19 November 2016.

Berikut skuat timnas Thailand untuk Piala AFF 2016:
Kiper: Sinthaweechai Hathairattanakool, Kawin Thamsatchanan, Chanin Sae-ear

Belakang: Theerathon Bunmathan, Tanaboon Kesarat, Narubadin Weerawatnodom, Peerapat Notchaiya, Pratum Chuthong, Tristan Do, Adison Promrak, Koravit Namwiset

Tengah: Adul Lahsoh, Chanathip Songkrasin, Kroekrit Thaweekarn, Sarach Yooyen, Mongkol Tossakrai, Pokklaw Anan, Sarawut Masuk, Prakit Deeprom, Rungrath Poomchantuek

Depan: Teerasil Dangda, Tana Chanabut, Siroch Chatthong