Kondisi fisik para pemain yang mengikuti pemusatan latihan (pelatnas) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, kian meningkat. Namun Pelatih Tim Nasional Indonesia, Alfred Riedl, masih punya setumpuk tugas rumah sebelum mendampingi pasukannya tampil di Piala AFF 2016 yang akan berlangsung di Filipina dan Myanmar nanti.

Pelatnas di Maguwoharjo telah memasuki hari kelima, Selasa (25/10/2016). Riedl yang ditemui usai latihan mengatakan bahwa kondisi fisik pemainnya sudah mengalami peningkatan. Meski demikian, pelatih asal Austria itu tidak merinci seberapa besar peningkatan yang telah dialami Boaz Solossa dan kawan-kawan.

“Selalu ada peningkatan. Dalam menilai 5-10 persen naik itu tidak bisa dihitung. Tapi kita tahu dan lihat pemain sudah ada peningkatan fisik,” ujarnya usai melatih di Stadion Maguwoharjo Selasa (25/10/2016).

Riedl menambahkan, program latihan yang berlangsung di Yogyakarta berjalan dengan baik. Namun kemampuan para pemain masih bisa ditingkatkan mengingat masih ada pemusatan latihan dan dua uji coba lainnya yang digelar sebelum tampil di Piala AFF 2016.
“Semua lini lebih baik sedikit. Tapi susah diukur, tapi kita maju semua. Kita semua menuju untuk AFF. Masih ada TC dan uji coba. Setelah itu kita akan cari tahu untuk pemain lebih baik,” ujarnya.
Terkait slot pemain inti, Riedl juga belum bisa berkomentar banyak. Dia belum bisa menentukan siapa saja yang akan ditetapkan sebagai starter. Menurut Riedl, hal itu terlalu dini untuk dilakukan saat ini.
“Masih terlalu dini. Masih ada dua uji coba. Setelah itu pasti sudah bisa tentukan pemain inti,” ujarnya.