Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur menyarankan tim Persiba Balikpapan pindah kandang ke Bontang. Tim ‘Beruang Madu’ bisa memanfaatkan Stadion Mulawarman yang dulunya menjadi kandang tim PKT Bontang.

“Stadion Mulawarman tidak ada yang memanfaatkan untuk kompetisi Indonesia Super League,” kata Sekretaris Pemkot Balikpapan, Sayid M Fadli, Kamis (20/10).

Sayid mengatakan Stadion Mulawarman memiliki sarana prasarana memadai menyelenggarakan pertandingan sekelas ISL. Lokasinya juga terbilang lebih mudah dijangkau pendukung Persiba dari Balikpapan.

Pengurus Persiba diminta mengecek kesiapan perlengkapan Stadion Mulawarman sesuai ketentuan disyaratkan PT Liga Indonesia. Persiba bisa terus berkoordinasi dengan Pemkot Balikpapan dalam penggunaan Stadion Mulawarman.

“Tapi kita lihat nanti bisa digunakan atau tidak, aku belum dapat penjelasan,” ujarnya.

Opsi kedua adalah penggunaan Stadion Benuo Taka yang lokasinya berseberangan dengan Kota Balikpapan. Stadion Benuo Taka hanya berjarak 30 menit waktu tempuh dari Balikpapan.

Sayid menyarankan Persiba mengundang tim verifikasi PSSI guna mengecek kesiapan kedua stadion di Kaltim ini. Menurutnya hanya mereka ini yang bisa memastikan kesiapan stadion dalam kompetisi ISL.

“Manajemen Persiba harus undang tim verifikasi untuk menilai kelayakan stadion sudah memenuhi standar atau tidak,” ujarnya.

Saran tim verifikasi ini, menurut Sayid akan diketahui kekurangan apa saja yang harus dilengkapi di kedua stadion. Bersama-sama akan diupayakan melengkapi perlengkapan stadion sesuai keinginan PSSI.

Hingga kini, Pertamina belum menjawab permintaan Balikpapan untuk menunda rencana pembongkaran Stadion Parikesit. Stadion ini sudah bertahun tahun menjadi kandang Persiba menjamu lawan lawannya.

“Kita masih tunggu jawaban Pertamina, tapi sudah kita surati secara resmi memnita Persiba masih diberikan kesempatan gunakan stadion sampai stadion Batakan rampung. Jadi tinggal tunggu saja,” imbuhnya.

Pertamina akan membongkar Stadion Parikesit yang masuk dalam agenda perluasan kilang minyak di Balikpapan. Kawasan tersebut nantinya akan disulap menjadi gudang peralatan kilang minyak Pertamina Balikpapan.

Sebagai gantinya, Pemkot Balikpapan sedang membangun stadion yang lokasinya dipindah ke Batakan. Stadion ini dijadwalkan sudah bisa dipergunakan pertengahan tahun 2017 mendatang.