Jelang hadapi Manchester City, Everton akan mendapatkan tekanan yang cukup besar untuk tidak kehilangan poin penting, yang tentunya untuk tetap bersaing di papan atas klasemen Premier League.

Barry pun diketahui merupakan salah satu mantan pemain The Citizen, yang memutuskan untuk tidak kembali memperpanjang kontraknya di Etihad Stadium, dan tepat pada bulan Juli tahun 2014 lalu, ia memutuskan untuk menerima tawaran dari Everton.

 Pada saat itu, dengan segera Barry menandatangani kesepakatan selama tiga musim ke depan, dan ia pun mengaku sangat terkejut dengan keberanian dari Manajemen The Toffees yang memberikannya kesepakatan jangka panjang.

“Harus saya akui, Everton berhasil mengejutkan saya. Dan pada saat mereka menyodorkan kesepakatan selama tiga tahun, pada saat itulah saya seperti mendapatkan sebuah kejutan yang tentunya tidak akan disangka.”, ujar pemain berusia 35 tahun tersebut kepada media setempat.

“Mungkin, bagi sebagian besar pihak, sangat riskan untuk memberikan sebuah kontrak jangka panjang kepada seorang pemain yang telah memasuki usia 32 tahun seperti diri saya di dua tahun yang lalu, akan tetapi pada saat itulah klub seperti Everton menghargai pengalaman anda sebagai seorang pemain sepakbola.”