Dua klub pemuncak klasemen Premier League bertemu di akhir pekan ini. Manchester City vs Tottenham Hotspur, siapa yang akhirnya akan menelan kekalahan pertama?

White Hart Lane akan menjadi lokasi pertandingan ini pada Minggu (2/10/2016) malam WIB. Laga bakal kick off pukul 20.15 WIB.

City datang dengan kondisi yang luar biasa baik. Belum sekalipun mereka kehilangan poin dari enam pertandingan yang sudah dijalani di Premier League. Rekor 100% menang The Citizens disempurnakan dengan selisih gol yang mencolok 18:5.

Hasil imbang 3-3 yang didapat di Liga Champions saat bertamu ke Celtic tidak lantas menunjukkan kalau City mulai goyah. Meski untuk kali pertama di musim ini gagal menang, City, seperti disebut Josep Guardiola, banyak dapat pelajaran dari pertandingan itu. Di laga itu City tiga kali tertinggal dan tiga kali berhasil menyamakan kedudukan.

Satu masalah yang mungkin harus dipecahkan Guardiola pada laga ini adalah bagaimana dia menggantikan Kevin de Bruyne, yang akan absen beberapa pekan karena cedera. Gelandang serang asal Belgia itu adalah salah satu kunci utama City tampil impresif di awal musim ini dengan dua gol, empat assist dan 16 key pass.

City saat ini masih bertengger kokoh di puncak klasemen dengan 18 poin dipunya, unggul empat dari Tottenham yang menempati urutan kedua. Skuat asuhan Mauricio Pochettino mercatatkan W4 D2 L0 dari enam pekan pertama Premier League.

Harry Kane (2 gol) sejauh ini belum tampil sebaik musim lalu. Tapi Spurs punya andalan lain untuk merusak pertahanan tamunya melalui Heung-Min Son. Winger asal Korea Selatan itu sudah mencetak lima gol di semua kompetisi musim ini, termasuk tiga gol dalam dua laga terakhir menghadapi Middlesbrough (Premier League) dan CSKA Moskow (Liga Champions).

Dari statistik pertemuan kedua tim di Premier League, kedua tim cukup berimbang. Spurs mengumpulkan 52 kemenangan sementara City meraih 50 kemenangan, plus 31 laga lainnya berakhir imbang. Dalam lima musim terakhir City jauh lebih dominan dengan rekor W7 D0 L3, namun begitu dari tiga kekalahan City dua di antaranya didapat musim lalu (1-2 dan 1-4).

Pada pertandingan lainnya, Manchester United akan menjamu Stoke City. Setelah sempat menelan tiga kekalahan beruntun, The Red Devils kini dalam rangkaian tiga kemenangan beruntun.

David de Gea dkk berpeluang besar melanjutkan rangkaian kemenangannya itu di akhir pekan ini. Stoke City belum pernah menang di enam laga yang sudah dilalui musim ini. Dengan hasil terbaik berupa dua hasil imbang, Stoke ada di urutan 19 klasemen.

Juga akan menjaga tren bagusnya adalah Liverpool, yang melakukan lawatan ke Swansea City. Sejak kalah mengejutkan atas Burnley di pekan kedua, The Reds melaju kencang di semua kompetisi dengan meraih lima kemenangan dan sekali imbang. Dalam rangkaian itu, Liverpool membuat 20 gol dan cuma kemasukan empat kali.

Dua klub asal Kota London, Arsenal dan Chelsea akan menjalani laga yang berpotensi menghasilkan tiga poin di akhir pekan ini. The Blues bertamu ke Hull City, sementara The Gunners menyambangi Burnley.

Jadwal Liga Inggris Pekan Ke-7

Sabtu (1/10/2016)
Everton vs Crystal Palace
Swansea City vs Liverpool
Hull City vs Chelsea
Sunderland vs West Bromwich Albion
Watford vs AFC Bournemouth
West Ham United vs Middlesbrough

Minggu (2/10/2016)
Manchester United vs Stoke City
Leicester City vs Southampton
Tottenham Hotspur vs Manchester City
Burnley vs Arsenal