Laga matchday 2 Liga Champions di markas Borussia Dortmund akan jadi ujian bagi Real Madrid. Madrid belum pernah menang di sana dan selalu kalah belakangan ini.

Madrid mengawali Liga Champions musim ini dengan susah payah. Los Blancos butuh dua gol di menit-menit akhir dari Cristiano Ronaldo dan Alvaro Morata untuk membalikkan keadaan dan menang 2-1 atas Sporting CP.

Lepas dari Sporting, Madrid sudah ditunggu ujian lainnya yang tak kalah berat. Pasukan Zinedine Zidane itu harus melawat ke Signal Iduna Park untuk menghadapi Dortmund, Rabu (28/9/2016) dinihari WIB.

Kandang Dortmund itu tidak ramah untuk Madrid. Lima kali menjalani laga tandang di sana, Madrid tak pernah pulang dengan kemenangan. Tiga lawatan terakhir malah berakhir dengan kekalahan.

Mampukah Madrid membukukan kemenangan perdananya di Signal Iduna Park?

Data dan fakta laga antara Dortmund dan Madrid seperti dirangkum oleh Opta:

– Borussia Dortmund dan Real Madrid saling berhadapan untuk ketujuh kalinya dalam Liga Champions lima musim terakhir (2x fase grup, 2x semifinal, dan 2x perempatfinal).

– Real Madrid tidak pernah menang dalam lima laga tandang melawan Borussia Dortmund, semuanya di Liga Champions (D2 L3). Di semua kompetisi Eropa, hanya melawan AC Milan dan Inter Milan di mana Madrid tandang tanpa pernah menang (masing-masing 7).

– Real Madrid kalah dalam tiga laga tandang terakhir melawan Borussia Dortmund di Liga Champions, rentetan kekalahan tandang terpanjang mereka di kompetisi ini atas sebuah tim.

– Enam gol terakhir Dortmund melawan Real Madrid dicetak oleh Robert Lewandowski (4 gol pada 24 April 2013) dan Marco Reus (2 gol pada 8 April 2014), semuanya di Signal Iduna Park.

– Borussia Dortmund memenangi empat laga kandang terakhir melawan klub Spanyol di kompetisi Eropa, mencetak paling tidak dua gol di setiap pertandingan.

– Dortmund memenangi tujuh dari sembilan laga kandang terakhir di fase grup di Liga Champions (W7 D1 L1), gagal mencetak gol cuma sekali (0-2 vs Arsenal, November 2013).

– Real Madrid cuma kalah satu kali di Liga Champions sejak awal musim lalu (W10 D3), tapi kekalahan itu didapat di Jerman (0-2 vs Wolfsburg pada April 2016).

– Real Madrid tak terkalahkan dalam 22 laga terakhir di fase grup (W18 D4 L0), kekalahan terakhir di fase ini adalah dari Dortmund pada Oktober 2012.

– Los Blancos memenangi tiga dari lima laga tandang terakhir melawan tim Jerman (W3 D0 L2); ini setelah laju sebelumnya di mana cuma satu kemenangan dalam 15 laga tandang di Jerman di Liga Champions (W1 D4 L10).

– Dortmund meraih kemenangan terbesar mereka di Liga Champions di matchday 1 musim 2016-17 melawan Legia Warsawa (6-0), mencetak enam gol untuk pertama kalinya di kompetisi.

– Cristiano Ronaldo mencetak dua gol tendangan bebas langsung di empat laga terakhir Liga Champions, jumlah yang sama dengan yang dia bukukan dalam 46 penampilan terakhr di kompetisi.

-Real Madrid cuma kalah sekali dalam 31 pertandingan Liga Champions di Bernabeu, menang 27 kali dan imbang tiga kali. Kekalahan ini datang dari klub asal Jerman yaitu Schalke 04 (3-4 pada Maret 2015).