Nama James Rodriguez sempat meredup setelah penyerang tim nasional Kolombia itu pindah ke Real Madrid pada musim panas 2014. Namun ada satu hal yang tetap mampu dipertahankan Rodriguez meski mendapatkan menit bermain yang minim, yaitu kemampuannya menjebol gawang lawan dari jarak jauh.

Sejak datang ke La Liga, Rodriguez telah menyarangkan 11 gol dari luar kotak penalti. Jumlah itu hanya tertinggal satu gol dari catatan penyerang Barcelona, Lionel Messi, yang membuat 12 gol jarak jauh dari periode waktu yang sama.

Satu gol jarak jauh Rodriguez diciptakannya ketika membantu Real Madrid menang 2-0 melawan Espanyol di Stadiol El-Prat, Minggu (18/9). Menerima umpan dari Toni Kroos, Rodriguez sempat menggiring bola melewati dua pemain dan kemudian mengirimkan tendangan keras mendatar dengan kaki kirinya.

Bola pun bersarang di pojok kanan gawang dengan sempurna.

Madrid kemudian menambah perbendaharaan gol lewat Karim Benzema di menit ke-71. Menerima umpan silang Lucas Vazquez, pemain asal Perancis itu dengan mudah membobol gawang Espanyol lewat tendangan kaki kanan.

Hasil tersebut membuat Madrid kembali ke puncak klasemen sementara menggeser Barcelona dengan torehan 12 poin dari empat pertandingan. El Real kini unggul tiga poin atas Barcelona dan Las Palmas.

Bagi Rodriguez sendiri hasil tersebut membuatnya mempertahankan puncak performa. Selain bermain apik di laga ini, pada tengah pekan lalu Rodriguez juga menampilkan permainan yang baik untuk membantu Madrid menang atas Sporting Lisbon.