Michael Ballack meyakini Manchester City memiliki sebuah projek yang sangat besar untuk Pep Guardiola dan berharap mantan manajer Bayern Munchen itu diberikan waktu yang dia butuhkan untuk sukses di Liga Inggris.

Guardiola telah memiliki awal yang impresif di Etihad, sebuah kemenangan 2-1 atas Sunderland dan skor 4-1 atas Stoke City, dimana diantaranya menang 5-0 atas Steaua Bucharest dibabak play-off Liga Champions pertengahan pekan lalu.

Mantan pemain timnas Jerman Ballack telah terkesan dengan kinerja Guardiola di Bundesliga dan merasa yakin dia akan memberikan trofi untuk City, tapi menyatakan kesabaran diperlukan untuk mewujudkan semua itu.

Ballack mengatakan, “Dia sangat fanatik saat dia menginginkan timnya untuk bermain, dengan gaya bermain yang sempurna.

“Dia sosok yang hebat dalam menganalisa lawan-lawannya, atau timnya sendiri. Dia cinta pekerjaannya. Anda melihat bakat yang ada pada dirinya.

“Ini sebuah tantangan baru untuknya. Ini sebuah projek besar untuk Manchester City. Saya tidak tahu apakah dia memiliki skuad yang sama seperti Bayern. Ini bukan tim dengan kualitas yang sama seperti yang dia miliki di Bayern. Kami tidak boleh berharap terlalu banyak di awal.”

Persaingan sengit Guardiola untuk titel Liga Inggris adalah rivalitas yang kembali tersaji dengan manajer Manchester United Jose Mourinho, yang juga telah menghabiskan uang banyak di jendela transfer.

Ballack menambahkan, “Terkadang kami terlalu berlebihan dalam menganalisa, terkadang sepakbola itu sangat sederhana.

“Mourinho telah menghabiskan banyak perhatian kepada barisan pertahanan, dimana itu juga penting. Pep adalah seorang pelatih yang berbeda. Dia pelatih yang emosional. Dia suka memainkan gaya bermain yang sangat menekan di lini tengah. Kami sebagai fans suka melihat sepakbola yang atraktif.”

Ballack juga mengharapkan Liverpool menjadi lebih kuat musim ini dibawah asuhan Jurgen Klopp.

“Klopp akan menemukan banyak hal di tahun pertamanya,” kata Ballack.

“Segala sesuatu di sebuah klub membutuhkan waktu. Kami akan melihat Liverpool yang lebih baik, kami telah melihat beberapa performa yang hebat musim lalu, tapi itu sangat sulit di Liga Inggris untuk konsisten sepanjang musim.

“Kekuatan terbesarnya adalah bagian mentalitas para pemain, untuk berkomunikasi lebih dekat dengan para pemainnya, dan memotivasi mereka.”