Presiden Real Madrid, Florentino Perez, dikabarkan Football Espana, Jumat (19/8/2016), memberikan lampu hijau untuk melepas Mateo Kovacevic ke AC Milan. Menurut Perez, Kovacic saat ini dianggap sebagai surplus setelah Zinedine Zidane mengatakan sudah mempunyai banyak stok di sektor tengah.

Kovacic ditengarai akan memiliki waktu bermain yang terbatas jika bertahan di Real Madrid. Maklum, saat ini ia hanya berstatus sebagai pemain pelapis tim utama dan masih berada di belakang James Rodriguez dan Isco Alarcon yang juga berstatus sebagai pemain cadangan.

Menurut harian Corriere dello Sport, Los Blancos bersedia meminjamkan sang pemain ke Milan tanpa biaya apa pun. Akan tetapi, menurut Gazzetta dello Sport, justru Milan yang tertarik merekrut sang pemain, sedangkan Madrid akan meminta klausul pembelian kembali dimasukkan jika proses transfer tercapai.

Adapun hubungan baik yang dimiliki Perez dan Adriano Galliani ditengarai akan mempermudah proses transfer Kovacic.

Real Madrid membeli Kovacic pada awal musim 2015-16 dari Inter Milan dengan harga 29 juta euro atau sekitar Rp 431,85 miliar. Pada musim perdana bersama El Real, playmaker asal Kroasia ini mencatatkan 34 penampilan dan menyumbang satu gol.