Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) merilis jadwal terbaik partai persahabatan internasional sekaligus uji coba jelang Piala AFF 2016 yang akan dilakoni timnas Filipina pada bulan September 2016.

Hal itu seolah merespons pernyataan pelatih timnas Filipina, Thomas Dooley, yang berharap PFF dan manajemen timnas lebih serius dalam menyiapkan uji coba untuk timnya.

Dooley sempat menyesalkan makin turunnya ranking timnas besutannya di FIFA yang salah satunya dianggap karena minimnya laga persahabatan yang dijalani timnas berjulukan the Azkals ini. Filipina sempat nangkring di ranking ke-115 pada Mei lalu, sebelum akhirnya turun dan berada di urutan ke-134 pada ranking terbaru FIFA per 11 Agustus 2016.

Seperti dilansir di Philstar, Timnas Filipina diagendakan menjalani dua partai persahabatan internasional, yakni menjamu Turkmenistan di Philippines Sports Stadium pada 2 September 2016. Kemudian pada 3 September 2016, timnas Filipina bertolak menuju Bishkek untuk menjajal Kirgisztan. Uji coba melawan Kirgizstan ini dimainkan pada 6 September 2016.

“Turkmenistan pada prinsipnya sudah sepakat bermain di sini (Filipina) dan kami baru saja menuntaskan detail persiapan termasuk izin menggelar laga persahabatan internasional,” ujar Edwin Gastanes, Sekjen PFF.

Masuknya nama Turkmenistan dalam daftar partai uji coba terbilang baru karena sebelumnya hanya Kirgisztan dan Korea Utara yang kerap didengungkan. Sementara rencana uji coba kontra Kosta Rika dan Kanada di Spanyol, kemungkinan besar batal digelar.

Terkait Philippines Sports Stadium sebagai venue uji coba, PFF punya alasan tersendiri. “Bila stadion sedang tidak dipakai, kami akan menggunakan Philippine Sports Stadium agar para pemain terbiasa bermain di sana,” imbuh Gastanes.

Seperti diketahui Philippines Sports Stadium sudah diplot jadi arena pertempuran di fase penyisihan Grup A Piala AFF 2016, 19-25 November 2016.

Gastanes mengungkapkan pada dua pertandingan uji coba itu baik Filipina, Turkmenistan maupun Kirgizstan akan menurunkan tim A. Perangkat pertandingan yang diturunkan pun berstandar FIFA karena laga itu dimainkan sesuai kalender internasional FIFA, pada 29 Agustus-6 September. Alhasil, kemenangan jadi harga mutlak karena dipastikan bakal berdampak pada ranking di FIFA.

Di sisi lain, Turkmenistan bukan lawan yang asing buat Manuel Ott cs. Kedua tim pernah bertemu pada semifinal Challenge Cup 2012 di Nepal. Saat itu Turkmenistan menang 2-1. Namun, dua tahun kemudian Filipina membalas kekalahan itu dengan mengalahkan Turkmenistan 2-0 pada ajang sama di Maladewa.

Bila Filipina sudah dipastikan menggelar dua uji coba pada September 2016, PSSI sejauh ini baru memastikan satu partai persahabatan internasional untuk Tim Nasional Indonesia, yakni melawan Malaysia pada tanggal 6 September 2016.