Myanmar, yang juga merupakan tuan rumah Piala AFF 2016, mengajukan undangan kepada Indonesia untuk menggelar laga uji coba. Ini termasuk bagian dari persiapan kedua tim menghadapi kejuaraan sepak bola antarnegara terbesar di Asia Tenggara itu.

Football Channel Asia mengabahrkan bahwa Myanmar mengajukan undangan kepada Indonesia untuk bertanding di Stadion Thuwanna YTC, Yangon, pada 4 September mendatang.

Hal ini pun dibenarkan oleh Sekertaris Jendral PSSI, Azwan Karim. Namun, ada beberapa kendala yang harus diselesaikan untuk bisa memenuhi undangan tersebut.

Sebelumnya, Indonesia telah memastikan akan menjamu Malaysia pada pertandingan uji coba pada 6 September. Jika Garuda Merah ingin menerima undangan dari Myanmar, maka perubahan jadwal bertanding dengan Malaysia pun harus dilakukan.

“Myanmar telah mengajukan tawaran kepada Indonesia untuk memainkan pertandingan uji coba. Namun, mereka meminta kami untuk bermain di sana pada tanggal 4 September,” ucap Azwan Karim dikutip dari Football Channel Asia.

“Tanggal tersebut tidak sesuai dengan jadwal kami. Namun, semuanya masih bisa dijadwalkan ulang,” tuturnya.

Pada Piala AFF 2016, Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Filipina, Thailand, dan Singapura. Sedangkan Myanmar tergabung di Grup B bersama Malaysia, Vietnam, dan pemenang babak kualifikasi.

Terakhir kali Indonesia bersua Myanmar pada 30 Maret 2015 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Pada laga tersebut, Tim Garuda berhasil menang 2-1 berkat gol Raphael Maitimo dan Cristian Gonzales yang hanya mampu dibalas satu kali oleh David Htan.