Marcelino telah menuliskan sebuah surat untuk Villarreal, mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terlibat di klub, termasuk para pemain, untuk kontribusi mereka sebelum kepergiannya.

Marcelino mengejutkan sepakbola Spanyol ketika dia mengundurkan diri dari Villarreal pada hari Rabu, beberapa hari sebelum babak play-off Liga Champions mereka kontra Monaco, ditengah laporan-laporan dia terlibat perselisihan dengan sejumlah pemain senior atas keputusannya mencopot ban kapten dari Mateo Musacchio sebagai kapten ketiga tim.

 “Halo teman-teman,” tulis sang pelatih di bagian pembuka surat perpisahan tersebut.

“Seperti yang anda semua ketahui, pada hari Rabu saya telah pergi ke Valencia bersama asisten saya Ruben Uria dan Ismael Fernandez, dan saya tidak ingin berhenti dari karir kepelatihan saya sebagai seorang pelatih tanpa mengucapkan selama tinggal kepada semua yang telah membantu kami dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada presiden Fernando Roig, sekaligus CEO Fernando Roig Negueroles, wakil presiden Jose Manuel Llaneza dan anggota dewan klub lainnya untuk mempercayai kami memimpin klub sebesar Villarreal.

“Yang kedua, sebuah ucapan terimakasih kepada semua pemain yang telah kami latih selama tiga setengah musim ini. Tanpa mereka, kami mungkin tidak akan pernah bisa mendapatkan kesuksesan yang kami dapatkan saat ini.

“Kami juga memberikan ucapan terimakasih kepada kolega-kolega kami dalam staff kepelatihan dan semua orang di klub Villarreal, yang sudah berdedikasi dan berusaha setiap harinya untuk berkontribusi atas raihan kami.

“Petualangan kami telah selesai dan kami bangga dengan semua tujuan-tujuan yang telah kami raih selama ini, setelah memulai petualangan ini di Divisi Kedua dan mengakhiri itu sesaat sebelum klub berpartisipasi di kompetisi terelit di Eropa.

“Yang terakhir, kami tidak bisa melupakan rasa cinta, hormat dan pengaruh sejak hari pertama yang kami dapatkan dari anda, para fans, yang selalu menunjukkan itu kepada kami, dan dengan dukungan luar biasa anda, anda membuat kami merasa seperti di rumah sendiri.

“Tanpa anda semua, tidak satu pun dari raihan kami selama ini bisa tercapai. El Madrigal akan selalu menjadi tempat yang spesial bagi kami. Salam peluk hangat, dari saya, Marcelino Garcia Toral.”