Gelandang serang Bayern Munich akan merampungkan kepindahannya ke Borussia Dortmund pada Kamis (21/7) ini, demikian dikabarkan Sky Jerman.

Harga transfernya adalah senilai €22 juta ditambah pembayaran bonus yang berdasarkan performa. Goetze akan mendapatkan kontrak empat tahun bersama Die Borussien.

Goetze sebelumnya pernah bermain untuk Dortmund dan meraih dua gelar Bundesliga. Ia pindah ke Munich pada 2013 tapi tidak pernah mendapatkan tempat di tim utama Pep Guardiola — pelatih yang kini menangani Manchester City.

Musim lalu Goetze mencetak tiga gol dari 14 penampilannya di Bundesliga. Ia baru kembali bugar pada Februari lalu setelah mengalami cedera kaki yang membuatnya menepi lima bulan.

Bulan lalu, Goetze telah berbicara dengan pelatih baru Munich, Carlo Ancelotti, untuk meminta kepastian soal tempatnya di tim inti, tapi ia tidak mendapatkan jaminan dan diminta untuk bekerja keras bersaing dengan pemain lainnya.

Dua hari lalu, pemimpin klub Bayern Munich, Karl-Heinz Rummenigge, mengonfirmasi kepada Sport1 bahwa mereka tengah bernegosiasi dengan Dortmund, tapi belum menyepakati nilai transfer.

“Goetze telah berada di Bayern selama tiga tahun dan kepindahan itu tidak berjalan baik untuknya. Saya tak heran jika Goetze ingin pindah. Ia kini 24 tahun dan perlu bermain secara rutin,” kata Rummenigge.

Meski minim jumlah penampilan, Goetze yang mencetak gol kemenangan Jerman di final Piala Dunia 2011 tetap dipanggil timnas Jerman ke Piala Eropa 2016. Ia bermain empat kali di turnamen tersebut.

Pemain 24 tahun itu semula sempat dikaitkan kepindahan ke Liga Primer Inggris  dan diincar Tottenham Hotspur seta Liverpool.