Kapten Shanghai SIPG, Sun Xiang, memang telah meminta maaf kepada Demba Ba. Namun bukan berarti pelanggaran brutal yang dilakukannya bakal terlupakan begitu saja. Sebab, klub Shanghai Shinhua meminta Asosiasi Sepak Bola Tiongkok (CFA) mengusut tuntas insiden tersebut.

Shanghai Shinhua yang bermain di Liga Super Tiongkok menilai Sun Xiang sengaja melakukan tackling brutal yang menyebabkan kaki Demba Ba patah. Akibatnya, mantan pemain Newcastle United dan West Ham tersebut terancam mengakhiri karier profesionalnya lebih cepat.

Dalam suratnya kepada CFA, Shenhua memberikan daftar pelanggaran kasar yang telah dilakukan oleh para pemain SIPG sepanjang derby Shanghai, Minggu (17/7/2016). Pertandingan memang berlangsung dalam tensi tinggi di mana wasit mengeluarkan 10 kartu kuning dan 10 kartu merah.

“Pada menit ke-20 babak kedua, pemain kami Demba Ba, yang tengah menyerang, ditendang secara sengaja oleh bek lawan Sun Xiang. Ba mengalami cedera serius dan laporan medis dari rumah sakit menunjukkan dia mengalami patah tulang tibia dan fibula di kaki. Itu adalah pelanggaran keji,” begitu yang tertulis dalam surat tersebut, seperti yang dilansir Shanghai Daily.