Kesuksesan Wales menembus semifinal Piala Eropa 2016 membuat motivasi Islandia berlipat ganda. Islandia kini bertekad untuk membuat kejutan serupa dengan mengalahkan Prancis.

Wales, salah satu tim debutan di Piala Eropa 2016, lolos ke semifinal setelah mengalahkan Belgia dengan skor 3-1, Jumat (1/7/2016). Kemenangan Wales adalah sebuah kejutan mengingat materi skuat Belgia yang bertabur pemain bintang.

Sebagai sesama tim debutan, Islandia juga ingin membuat kejutan. Target mereka adalah menyingkirkan tuan rumah Prancis pada pertandingan perempatfinal di Stade de France, Saint-Denis, Senin (4/7/2016) dinihari mulai pukul 02:00 WIB.

“Ya, tentu saja,” jawab kapten Islandia, Aron Gunnarsson, saat ditanya apakah performa Wales telah membuat Islandia terinspirasi.

“Mereka tidak difavoritkan untuk melaju sejauh itu dan kami juga tidak. Menyenangkan melihatnya,” tambah Gunnarsson seperti dilansir Reuters.

“Saya pikir Wales adalah kekuatan yang harus diperhitungkan. Mereka memiliki pemain-pemain yang bagus dan kebersamaan. Mereka menunjukkan sikap yang hebat dan hasrat untuk memenangi pertandingan. Saya pikir kami bisa belajar dari mereka,” katanya.

Sementara itu, salah satu pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson, mengakui bahwa Prancis memiliki materi pemain yang lebih baik daripada timnya. Namun, dia juga menyebut Islandia masih bisa tampil lebih baik lagi.

“Kami selalu menjalani pertandingan terbesar dalam sejarah sepakbola Islandia. Lebih banyak pertandingan yang kami jalani, kami makin terbiasa,” ujar Hallgrimsson.

“Kami agak lebih rileks di setiap laga dan lebih percaya diri. Saya terus mengatakan bahwa kita belum melihat permainan terbaik Islandia,” katanya.