Kekhawatiran Inggris terhadap aksi Gareth Bale menjadi kenyataan. Pemain bintang Real Madrid itu berhasil mencetak gol keunggulan Wales 1-0 atas Inggris di babak pertama.

Bale mencetak gol keunggulan bagi Wales lewat tendangan bebas terukur. Meski bola sempat ditepis Joe Hart, namun bola masih terlalu deras dan menerobos masuk ke gawang Inggris.

Tendangan bebas Wales didapat akibat pelanggaran yang dilakukan Wayne Rooney terhadap Robson-Kanu.

Inggris secara keseluruhan mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola sebanyak 68 persen berbanding 32 persen. Pasukan Tiga Singa juga memperoleh empat tembakan namun hanya dua kesempatan yang mengarah ke gawang.

Sebaliknya Wales yang lebih banyak menunggu dan melancarkan serangan balik mampu memanfaatkan satu-satunya tembakan on target dan berbuah gol.

Inggris memiliki peluang emas di menit ke-36 lewat sundulan Chris Smalling menyambut sepak pojok Wayne Rooney. Sayang, tandukan pemain Manchester United itu masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Wales.

Penampilan cemerlang Hennesey juga sempat mementahkan tendangan bebas Rooney di menit ke-26. Hingga menit akhir keunggulan Wales tetap bertahan.

Jika menang, Wales otomatis lolos ke perempat final Piala Eropa dengan raihan enam poin. Sebab, The Dragons berhasil menang 2-1 atas Slovakia.

Sementara Inggris harus puas berbagi poin dengan Rusia setelah bermain imbang 1-1 di babak pertama. Kekalahan pada laga ini bisa membuat Inggris makin terancam.