Joachim Low mengaku senang melihat Bastian Schweinsteiger mencetak gol kemenangan timnas Jerman sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 2-0 atas Ukraina di partai pembuka Grup C Euro 2016.

Juara bertahan Piala Dunia itu telah kesulitan untuk menemukan gol kedua setelah sundulan Shkodran Mustafi di babak pertama yang membuat mereka unggul di Stade Pierre-Mauroy, dan Manuel Neuer membuat tiga penyelamatan penting untuk mempertahankan keunggulan mereka hingga akhir pertandingan.

Schweinsteiger menjadi pengganti dimenit ke-90 dan mendapatkan sambutan yang meriah, dan fans tambah bersorak ketika pemain Manchester United itu berhasil menyambut umpan Mesut Ozil dan mencetak gol kemenangan dimenit ke-92.

Dan Low mengaku senang melihat kaptennya membuat pengaruh setelah berjuang dengan cedera ligamen lutut sepanjang tahun 2016.

“Saya sangat senang untuk Bastian Schweinsteiger, setelah semua usaha yang telah dia lakukan dalam beberapa bulan terakhir, dia mencetak gol penentu. Itu akan sangat membantu dirinya dan juga tim,” kata Low.

Jerman telah mendapatkan serangan beruntun di akhir babak pertama, dengan Neuer yang menggagalkan Yevhen Konplyanka dengan penyelamatan yang bagus sebelum Jerome Boateng juga menyapu bola yang akan masuk ke gawang.

Low mengakui timnya tidak cukup efisien dengan bola di babak pertama tapi mengaku senang dengan cara bermain timnya yang mengendalikan permainan di babak kedua.

“Kami telah banyak berlari di babak pertama tapi kami terlihat memiliki beberapa kesulitan dalam transisi, kami banyak kehilangan bola,” kata Low.

“Kami telah berkembang di babak kedua, mengumpan bola dengan cepat dan mendominasi pertandingan. Tapi itu tidak mudah melawan pertahanan yang kuat dan serangan balik yang berbahaya. Tapi menemukan solusinya di babak kedua dan itulah alasan kenapa saya cukup puas.

“Saya tidak terkejut dengan Ukraina, karena saya telah melihat mereka selama dua tahun terakhir. Ini sebuah skuad yang lebih baik ketimbang 2012. Mereka sangat kuat secara fisik dan di udara, sangat cepat di sisi sayap. Mereka dapat membahayakan lawan manapun.

“(Mats) Hummels dan (Antonio) Rudiger mengalami cedera jadi kami harus mengubah pertahanan kami, tapi saya pikir mereka lebih kuat selama pertandingan, kami lebih kompak dan dapat menekan para striker lawan.

“Ini tidak terlalu mudah di awal pertandingan tapi itu menjadi lebih baik seiring jalannya pertandingan. Ini bagus untuk memiliki Jerome Boateng sebagai pemain anda di jantung pertahanan.”