Sebagai finalis di edisi 2004 dan semifinalis di tiga edisi lainnya, Portugal memiliki sisa urusan yang belum selesai menyambut penampilan mereka di Piala Eropa 2016.
Oleh karena itu di Prancis dengan paduan talenta muda dan pemain berpengalaman di dalam skuat mereka menilai ini waktu terbaik untuk memenanginya.
“Tujuan utama kami adalah memenangi turnamen ini. Kami tahu itu akan berat, kami melewati momen terbaik dan terburuk, namun tim ini siap dan akan berjuang mewujudkannya,” kata pemain belakang Portugal, Cedric, seperti dilansir laman resmi UEFA, Minggu.
Hal serupa juga disampaikan penyerang Eder, yang menegaskan timnya berjuang keras mewujudkan ambisi besar itu dan ingin meraih hasil terbaik.
“Kami sangat percaya diri dan termotivasi. Di fase kualifikasi kami tampil baik dan meraih hasil baik. Tim ini bisa bekerja sama dengan baik, semua pemainnya tampil baik,” kata Eder.
“Saat ini kami memiliki segalanya untuk menampilkan sesuatu yang luar biasa di kompetisi ini dan itulah yang ingin kami lakukan,” uajr dia menambahkan.
Jajaran tulang punggung Portugal, berisikan Rui Patricio (28), Pepe (33), Ricardo Carvalho (38), Bruno Alves (34), Joao Moutinho (29) dan Cristiano Ronaldo (31), dilengkapi dengan sejumlah talenta muda berbakat termasuk Renato Sanches, Andre Gomes dan Raphael Guerreiro. Guerreiro sendiri menjadi bagian dari tim U-21 Portugal yang mencapai final Kejuaraan Eropa U-21 pada 2015 lalu.
Meski berisikan pemain yang terpaut secara usia, Eder meyakini Portugal sejauh ini bisa bekerja sama dengan baik dalam beberapa pertandingan yang sudah dijalani, sehingga sangat mungkin akan meraup banyak gol dalam turnamen kali ini.
Berada di Grup F dengan tim debutan Islandia, Austria yang baru melakoni putaran final Piala Eropa keduanya dan Hungaria yang baru kembali ke turnamen bergengsi sejak 1986, Portugal berada di bawah tekanan untuk mengawali kiprah di edisi 2016 dengan baik.
Eder menilai grup yang didiami Portugal sama sulitnya dengan grup-grup lain, menjanjikan persaingan ketat khas Piala Eropa dan membuktikan bahwa kemampuan sepak bola kian merata.
“Tentu penting untuk mengawali dengan baik. Kami harus bekerja keras dan seluruh tim siap untuk itu, tentu saja kami sangat menantikan laga pertama ini,” pungkas Eder.
Portugal akan menghadapi Islandia di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Rabu (15/6) dini hari WIB.