Kroasia tampil impresif untuk mengalahkan Turki 1-0 pada pertandingan Grup D Piala Eropa 2016 di Stadion Parc des Princes, Minggu (12/6). Gol kemenangan Luka Modric melalui tendangan voli spektakuler.

Modric menciptakan gol spektakuler pada menit ke-41. Mendapatkan bola liar di luar kotak penalti, tendangan voli gelandang Real Madrid itu menghujam sisi kanan atas gawang Turki yang dikawal kiper Volkan Babacan.

Meski hanya mencetak satu gol, Kroasia menampilkan permainan impresif. Tim besutan Ante Cacic menciptakan sejumlah peluang emas, terutama di babak kedua. Tiga peluang Kroasia di babak kedua hanya membentur mistar gawang.

Setelah unggul satu gol di babak pertama, Kroasia terus mendominasi jalannya pertandingan babak kedua. Pada menit ke-51, sebuah tendangan bebas kapten tim Darijo Srna hanya membentur mistar gawang.

Merasa tidak aman dengan hanya unggul satu gol, Kroasia terus membombardir pertahanan Turki. Tim berjuluk Vatreni seharusnya bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-67. Namun, Marcelo Brozovic gagal meneruskan umpan silang Ivan Perisic meski tidak berhadapan dengan gawang yang kosong.

Mistar gawang kembali menyelamatkan Turki pada menit ke-73. Berawal dari umpan silang Mario Mandzukic, Perisic yang tidak terkawal menyambut bola dengan sundulan. Kiper Turki Volkan Babacan sudah mati langkah, namun bola hanya membentur mistar gawang.

Enam menit kemudian Kroasia kembali mengancam lewat bola-bola udara. Kali ini giliran sundulan Brozovic yang berhasil ditepis kiper Babacan dan mengenai mistar gawang.

Turki bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-81 tendangan bebas Caner Erkin mengarah ke gawang, namun dengan mudah diantisipasi kiper Kroasia Danijel Subasic.

Peluang terakhir Kroasia di dapat Perisic pada menit ke-83. Mendapat umpan terobosan Ivan Rakitic, Perisic tinggal berhadapan dengan Babacan. Namun, tendangan pemain Inter Milan itu berhasil diblok Babacan. Hingga laga usai skor 1-0 untuk Kroasia tetap bertahan.

Kemenangan 1-0 membuat Kroasia untuk sementara memuncaki Grup D dengan tiga poin. Pertandingan lainnya di Grup D akan mempertemukan Spanyol melawan Republik Ceko di Stadion Municipal, Toulouse, Senin (13/6).

Susunan Pemain

Turki: Volkan Babacan; Gokhan Gonul, Mehmet Topal, Hakan Balta, Caner Erkin; Hakan Calhanoglu, Ozan Tufan, Selcuk Inan, Oguzhan Ozyakup (Volkan Sen, 46′), Arda Turan (Burak Yilmaz, 65′); Cenk Tosun (Emre Mor, 69′).

Kroasia: Danijel Subasic; Darijo Srna, Vedran Corluka, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Luka Modric, Milan Badelj; Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic (Gordon Schildenfeld, 89′), Ivan Perisic (Andrej Kramaric, 86′); Mario Mandzukic (Marko Pjaca, 90′).