28

Panama tengah dilanda atmosfer berpesta. Presiden Panama pun menetapkan satu hari libur nasional, seiring kelolosan negaranya ke babak utama Piala Dunia.

Untuk kali pertama, Panama lolos ke babak utama Piala Dunia. Hal itu terjadi seiring dengan kemenangan 2-1 atas Kosta Rika dalam fase kualifikasi Piala Dunia 2018, di Estadio Rommel Fernández, Panama City, Selasa (10/10/2017) waktu setempat.

Johan Venegas membuat Kosta Rika unggul duluan, sebelum Panama menyamakan lewat gol Gabriel Torres di awal babak kedua. Publik Panama lantas bersuka cita setelah Roman Torres memastikan kemenangan dua menit sebelum waktu normal berakhir.

Ditambah dengan hasil-hasil lain di kualifikasi, Panama pun finis ketiga di klasemen fase kualifikasi zona CONCACAF. Berhak atas satu tiket ke Rusia tahun depan. Panama pun berpesta.

“Suara rakyat sudah didengar; rayakanlah hari bersejarah untuk Panama ini. Besok (Rabu) adalah hari libur nasional,” tulis Presiden Panama Juan Carlos Varela di Twitter, seperti dilansir FourFourTwo.

“Ini merupakan hari bersejarah buat negeri ini. Besok adalah hari lowong untuk para pekerja di sektor publik dan privat. Pada hari libur nasional ini, sekolah umum dan swasta juga diliburkan, agar keluarga bisa ikut merayakan,” lanjutnya.

Dari 10 kali usahanya menembus Piala Dunia sebelum ini, Panama sempat sangat nyaris meraih kelolosan di kualifikasi Piala Dunia 2014. Saat itu Panama sempat di ambang dapat tiket play-off, tapi kekalahan atas AS di laga terakhir memupus asa tersebut. Ironisnya, kali ini AS justru gagal melewati fase kualifikasi sehingga cuma akan jadi penonton di Piala Dunia 2018.