27

Mohamed Salah jadi pahlawan atas kelolosan Mesir ke Piala Dunia 2018. Sebagai bentuk penghargaan, Salah diabadikan sebagai nama sebuah sekolah.

Salah mencetak dua gol kemenangan Mesir atas Kongo dengan skor 2-1, Senin (9/10/2017) dinihari WIB lalu. Dua gol yang terbilang dramatis mengingat salah satunya dicetak di masa injury time babak kedua.

Setelah gol pembukanya dibatalkan pemain Kongo di menit-menit akhir waktu normal, Salah mencetak gol penentu kelolosan Mesir dari titik putih pada menit ke-95! Usai kaki kiri Salah merobek jala Kongo, pecahlah seisi stadium di kota Alexandria itu menyambut kelolosan Mesir.

Tentu saja ini disambut suka cita oleh seluruh warga Mesir mengingat mereka sudah lama sekali menanti momen ini. Terakhir kali, Mesir tampil di Piala Dunia adalah di Italia 1990. Setelah itu Mesir lebih banyak gagal di kualifikasi meski kerap tampil hebat di Piala Afrika.

Sementara Salah jelas dielu-elukan oleh seluruh pendukung The Pharaohs sebagai pahlawan timnya. Pemain Liverpool itu membuktikan dia adalah bintang utama Mesir saat ini mengingat kini adalah pencetak gol terbanyak kelima sepanjang masa di timnas dengan 32 gol dari 56 laga.

Untuk mengenang jasa Salah tersebut, namanya diabadikan sebagai nama sekolah di kampung halamannya, Basyoun. Demikian dikutip Bleacher Report.