Belgia ekstra waspada terhadap Swedia. Zlatan Ibrahimovic tentu akan habis-habisan di laga yang mungkin jadi yang terakhir buat dia bersama timnas Swedia.

Ibra, 34 tahun, telah mengumumkan bahwa Piala Eropa 2016 adalah turnamen internasional terakhir dalam kariernya. Selama 15 tahun berseragam ‘kuning-biru’, Ibra sudah membuat 62 gol dan 115 penampilan dengan tampil di dua Piala Dunia (2002, 2006) dan empat Piala Eropa (2004, 2008, 2012, 2016).

Akan tetapi, di turnamen penutup karier internasional Ibra, posisi Swedia berada di ujung tanduk. Dengan baru mengumpulkan satu poin, Swedia wajib mengalahkan Belgia dalam laga penyisihan pamungkas untuk membuka peluang lolos.

Pekerjaan yang pasti tidak mudah. Soalnya, Belgia juga belum lolos dan membutuhkan setidaknya satu poin untuk mendampingi Italia sebagai runner-up Grup E.

“Itu akan menjadi laga emosional untuk Swedia,” ucap pelatih Belgia Marc Wilmots di Four Four Two. “Kami menghormati Ibrahimovic sebagai pemain, tapi hal tersebut tidak akan memengaruhi kami.”

“Dia akan memberikan segalanya yang mungkin bisa menjadi laga terakhir dia. Dia sudah memiliki karier yang menakjubkan, dan dia ingin mengakhiri dengan cara sebaik mungkin Kami tidak bisa berpikir bahwa laga ini akan mudah untuk kami.”

“Ada banyak yang dipertaruhkan di sini. Setelah pertandingan, kami akan tahu seberapa jauh kami bisa melaju di turnamen ini. Kemenangan memang penting, tapi kami selalu ingin mencetak banyak gol,” sambung Wilmots.

Swedia dan Belgia akan saling berhadapan di Allianz Riviera, Nice, Kamis (23/6/2016) dinihari WIB. Sejak 1990, Belgia tidak terkalahkan melawan tim Skandinavia itu dengan dua kemenangan dan sekali seri dalam tiga pertemuan terakhir.