Euro 2016

Tim nasional Rusia segera memiliki pelatih baru setelah arsitek mereka saat ini, Leonid Slutsky, menyampaikan pengunduran dirinya.

Slutsky mundur setelah gagal membawa Rusia melangkah jauh di Piala Eropa 2016. Sbornaya –julukan timnas Rusia– bahkan hanya bisa meraih satu poin di babak penyisihan grup berkat bermain imbang melawan Inggris, 12 Juni lalu. Ketika berhadapan dengan Slovakia mereka kalah 0-1 dan ditekuk 0-3 oleh Wales.

“Saya ingin meminta maaf kepada seluruh suporter Rusia atas penampilan kami. Mereka tidak pantas mendapatkan ini,” ujar Slutsky seperti dikutip dari situs resmi UEFA, Selasa (21/6).

Langkah Rusia di Piala Eropa terhenti usai mereka menderita kekalahan menghadapi Wales. Igor Akinfeev dan kawan-kawan berada di dasar klasemen Grup B. Capaian Rusia di Perancis lebih buruk dari Piala Eropa 2012 silam.

Pada Piala Eropa empat tahun lalu, Rusia memang gagal melangkah ke babak perempat final. Namun, saat itu Rusia mampu meraih empat poin pada babak penyisihan grup.

“Saya yang bertanggung jawab. Jika kami tidak sukses, itu murni merupakan kesalahan saya. Seseorang harus mengambil-alih (kursi pelatih) jelang turnamen besar mendatang (Piala Dunia 2018),” katanya.

Slutsky merupakan pelatih yang baru 11 bulan menangani Rusia. Ia menukangi timnas Rusia usai pelatih sebelumnya, Fabio Capello, dipecat pada 14 Juli 2015. Selain menjadi pelatih Rusia, Lutski juga saat ini masih berstatus sebagai arsitek klub sepakbola Rusia, CSKA Moskow.