Usai pertemuan antara PSSI beserta anggota dengan perwakilan FIFA-AFC di Senayan, Selasa (21/6), PSSI menyatakan akan segera menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) akhir Oktober mendatang.

Sebelum PSSI menggelar KLB untuk menentukan Ketua Umum baru, akan ada kongres untuk memilih kelengkapan persiapan jelang KLB untuk memilih ketua umum baru.

“Hari ini kami bertemu perwakilan FIFA dan AFC bersama dengan delapan orang yang mewakili pemilik suara. Kami memperbincangkan masa depan Indonesia setelah kita sama-sama merasakan pahitnya hukuman FIFA.”

“Poinnya adalah pada 3 Agustus kami sepakat mengadakan KLB untuk melengkapi lebih dulu. Sebab sejak kongres di Surabaya PSSI belum bekerja secara efektif. Oleh karena itu alat-alat kelengkapan PSSI berdasarkan statuta PSSI dan FIFA belum dilengkapi,” ujar Ketua Umum Plt PSSI, Hinca Pandjaitan.

Alat-alat yang dimaksud Hinca sendiri meliputi Komite Pemilihan dan Komite Banding, yang akan berperan krusial dalam proses pemilihan Ketua Umum baru, yang direncanakan akan dilakukan akhir Oktober mendatang.

“Tanggal KLB (menentukan ketum baru) nanti sekitar 30 atau 31 Oktober, tapi akan kita pastikan lagi pada kongres tanggal 3 Agustus nanti.”

Dalam pertemuan yang memakan waktu sekitar dua jam itu, FIFA diwakilkan oleh Primo Carvaro, sedangkan AFC diwakilkan oleh Sanjeevan Balasingam.

Sedangkan, PSSI diwakili oleh Hinca beserta Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, beserta perwakilan pemilik hak suara yang turut memenuhi kantor PSSI di Senayan.